Khabib Nurmagomedov Putuskan Pensiun Usai Kalahkan Justin Gaethje

  • Bagikan

INDONESIAUPDATE.ID – Khabib Nurmagomedov resmi memutuskan pensiun dari seni bela diri campuran (Mixed Martial Arts). Petarung asal Rusia itu membuat pengumuman pasca menang di pertarungan terakhirnya melawan Justin Gaethje.

Di pertarungan puncak UFC 254 itu, Khabis sukses mempertahankan gelar juara dunia kelas ringan milikna usai menang lewat technical submission pada ronde kedua, Minggu (25/10) dini hari WIB. Kemenangan ini membawa Khabis mempertahankan rekor menang-kalah sempurna, 29-0.

Pasca pertarungan itu Khabib langsung membuat pengumumkan pensiun dari olahraga yang telah melambungkan namanya itu. Padahal, banyak orang memprediksi atlet 32 tahun ini bakal mencari kemenangan profesional ke-30 sebelum pensiun.

“Ini adalah pertarungan terakhir saya,” ujar petarung berjuluk The Eagle tersebut sebagaimana dilansir dari BBC Sport.

Keputusan Khahib meninggalkan MMA rupanya tidak lepas dari sosok sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov. Abdulmanap meninggal dunia karena sakit jantung dan komplikasi dengan virus corona pada 3 Juli 2020.

Sang ayah adalah sosok penting dalam karier Khabib di MMA. Sang ayah biasanya selalu mendampingi Khabib, tetapi sekarang tidak mungkin lagi hal terjadi.

“Tidak mungkin saya datang ke sini tanpa ayah saya. Ini adalah pertama kalinya setelah apa yang terjadi dengan ayah saya ketika UFC menelepon saya soal bertarung dengan Justin, saya berbicara dengan ibu saya selama tiga hari,” ujar Khabib.

“Dia tidak ingin aku bertarung tanpa ayah, tapi aku berjanji padanya bahwa ini akan menjadi pertarungan terakhirku, dan jika aku berjanji, saya harus menepati janji itu. Ini adalah pertarungan terakhirku di sini.”

Khabib sempat dirumorkan akan mencari kemenangan profesional ke-30 melawan petarung asal George St-Pierre. Namun, pengumuman pensiun ini sekaligus memastikan pertarungan itu sudah pasti tidak akan terjadi.

Berita Terkait  Resmi! Pemerintah Perketat PSBB Di Jawa-Bali
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *