Jabat Anggota Legislatif 20 Tahun, Imam Budi Jago Karang Lagu

  • Bagikan
Imam Budi Hartono

INDONESIAUPDATE.ID – Mantan anggota DPRD Jawa Barat, Imam Budi Hartono tak hanya piawai berpolitik. Pria yang karib disapa IBH ini juga jago menulis syair lagu.

Tak banyak yang tahu hobi bermusik dari pria 52 tahun ini. Setidaknya sudah ada 11 lagu yang sudah diciptakan.

Dalam lagu ciptaannya itu, IBH memberi sentuhan pada hal-hal yang ia pedulikan berkaitan dengan masyarakat.

“Seperti lagu Ayo ke Depok, Bangkit dan Maju Pemuda Indonesia, Mars Karang Taruna Jawa Barat dan lainnya,” ujar IBH, dalam bincang santai dengan awak media, baru-baru ini.

Di dunia politik, prestasi IBH tidak diragukan lagi. Sebagai bentuk kerja kerasnya selama menjabat, ia telah menerima penghargaan Pemuda Award oleh Dinas Pemuda Olahraga Provinsi Jawa Barat pada 2015.

IBH masuk dalam kategori Tokoh Penggerak Pemuda Jawa Barat. Selama menjabat, ia aktif di sejumlah organisasi dan berhasil menangani masalah-masalah anak muda.

Ia juga menjadi ketua Karang Taruna Provinsi Jabar pada 2010-2020 dan ketua Gema Keadilan Propinsi Jabar pada 2010-2015.

Selain itu, ia memfasilitasi lembaga-lembaga pemuda dalam berbagai kegiatan, seperti program-program kerja pemuda dengan pemerintah Jawa Barat maupun lembaga masyarakat lainnya.

Di bidang olahraga, IBH pernah menjadi pembimbing NCPI (National Paralympic Committee Indonesia) Propinsi Jawa Barat pada 2011 sampai 2016.

NPCI atau Komite Paralimpiade Nasional Indonesia merupakan organisasi pembina atlet penyandang disabilitas di Indonesia.

Dalam organisasi ini, IBH berhasil membawa para atlet mengikuti ajang lompat tingkat Internasional di Korea Selatan, Myanmar dan Singapura.

Menurutnya, kualitas anak-anak disabilitas tak bisa dipandang sebelah mata. Kemampuan dan prestasi yang mereka raih sangat luar biasa dan layak diperhitungkan.

“Anak-anak ini prestasinya sangat luar biasa, tak kalah dengan atlet normal. Selain kemampuan, mereka memiliki semangat juang yang tinggi. Saya sangat mengapresiasi mereka,” ujar Imam Budi Hartono.

Berita Terkait  Babai Dukung Idris-Imam, Alasannya Intelektual dan Keagamaan

Selain menjadi pembina NCPI, ia juga pernah menjadi ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat (FORMI) Kota Depok pada 2014-2018, serta PB PON dan PEPARNAS Propinsi Jawa Barat pada 2016.

IBH terjun ke dunia politik sejak tahun 1999 silam, saat itu ia menjadi anggota DPRD Kota Depok sampai tahun 2004. Tak berhenti sampai di situ, ia bertahan sebagai anggota dari tahun 2004 hingga tahun 2009.

Sosoknya yang pekerja keras dan bertanggung jawab ternyata membawanya naik tingkatan menjadi anggota DPRD Jawa Barat dari tahun 2009-2014, berlanjut dua periode tahun 2018 hingga 2020.

Ia banyak berdedikasi pada pekerjaannya, telah banyak yang ia lakukan seperti advokasi anggaran untuk warga Depok, perbaikan jalan lingkungan dan tempat ibadah, membangkitkan Karang Taruna dan masih banyak lagi.

Alumni Fakultas Teknik Petrokimia Universitas Indonesia (UI) ini tertarik di dunia politik sejak pascareformasi pada 1998.

“Saya peduli pada dunia politik, sampai saya ikut turun ke jalan saat demo di Senayan tahun 1998 dulu. Demo bersama rekan-rekan seperjuangan di sana,” pungkasnya.

Kini ia melangkah maju dengan mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Wali Kota Depok, mendampingi petahana Mohammad Idris di Pilkada Depok 2020.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *