Obat Paling Mujarab Covid-19 Ternyata Ada di Sekitar Kita

  • Bagikan
Tes diteksi Covid-19 oleh tenaga kesehatan (Foto ANTARA-FB Anggoro)

INDONESIAUPDATE.ID – Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau yang lebih dikenal dengan nama virus Corona masih menjadi masalah global yang memporak-porandakan kehidupan sosial di planet bumi. Sampai hari ini, virus yang pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019 tersebut terus menebar ketakutan di sekeliling kita. Infeksi virus Corona yang populer disebut Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) seakan bola salju yang terus menggelinding deras menghantam siapa saja yang ada di depannya.

Para dokter, farmakolog, dan ilmuwan di seluruh dunia masih terus memeras pengetahuan dan keahlian mereka agar bisa menemukan obat yang mujarab untuk menangani Covid-19. Dalam pandangan Kementerian Pertanian (Kementan), obat paling mujarab menghalau virus yang menyerang sistem pernapasan itu ternyata mudah kita dapatkan. Apa itu?

Menurut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi, obat ampuh menangkis serangan Covid-19 tak lain tak bukan adalah pangan lokal. Di masa pandemi Covid-19 saat ini, kata dia, hal yang paling utama adalah sehat. Kesehatan diri berasal dari sikap hati yang bersih, hati yang tulus, hati yang ikhlas, dan kedigdayaan imunitas tubuh.

“Saat ini, satu-satunya yang mampu melawan Covid-19 adalah imunitas,” kata Dedi saat membuka kegiatan “Ekspose Kinerja BPPSDMP Tahun 2020” yang dirangkaikan dengan acara “Mentan Sapa Petani dan Penyuluh Pertanian Volume 30” yang dilakukan secara daring, Jumat (18/12).

Oleh karena itu, Dedi melanjutkan, satu-satunya jalan mematikan virus Covid-19 yakni dengan senantiasa meningkatkan imunitas tubuh kta. “Imunitas juga berasal dari pangan yang kita konsumsi. Tidak perlu yang mewah-mewah yang penting mencukupi gizinya, bahkan yang paling utama bagi konsumsi kita adalah pangan lokal,” ujar dia.

Berita Terkait  Update Covid-19: Jabar Paling Tinggi Disusul DKI

Dedi meyakini, mengkonsumsi pangan lokal membuat setiap orang terjaga kesehatannya lantaran membuat imunitas tubuh meningkat. “Selain itu, pangan lokal juga bisa membuat petani kita tersenyum,” selorohnya.

Dedi mengatakan, selain menjaga imunitas tubuh, sikap kehati-hatian perlu terus dilakukan. Setiap orang harus selalu waspada akan keberadaan virus yang tak terlihat secara kasat mata tersebut. Semua orang perlu disiplin dan patuh terhadap protokol pencegahan Covid-19. “Pertama jaga jarak, hindari kerumunan. Kemudian yang kedua kita harus senantiasa cuci tangan pakai sabun dan yang ketiga jangan lupa pakai masker,” kata Dedi. (eh ismail)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *