Kedeputian Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Raih Penghargaan WBK

  • Bagikan

INDONESIAUPDATE.ID – Kedeputian Bidang Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) sukses meraih penghargaan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Tjahyo Kumolo secara virtual kepada Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK Y.B Satya Sananugraha, dalam acara Penganugerahan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2020, pada Senin (21/12).

WBK merupakan predikat bagi unit kerja yang mampu mencegah praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Menjadi unit kerja percontohan berpredikat WBK tidaklah mudah. Tetapi hal ini sebanding dengan hasil yang akan diberikan kepada masyarakat.

“Pencapaian ini merupakan bentuk komitmen Kemenko PMK untuk menciptakan zona integritas yang bebas dari korupsi, dan memperbaiki kinerja dan pelayanan,” ujar Sananugraha.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin memberikan arahan kepada kementerian, lembaga dan pemerintah daerah agar terus membangun zona integritas menuju WBK dan WBBM.

Menurut dia, keberhasilan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM akan mampu meningkatkan kepercayaan publik di lingkungan kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

“Di era revolusi industri 4.0, masyarakat semakin menuntut pelayanan publik yang cepat, tepat dan berkualitas.

Kepercayaan publik hanya bisa diperoleh dari kerja keras dan fokus untuk menghasilkan suatu kepuasan publik yang sesuai dengan harapan masyarakat,” ujar Ma’ruf.

Sebagai informasi, pada tahun 2020, jumlah unit kerja yang mengusulkan zona integritas sebanyak 3691.

Dari seluruh tahap seleksi didapat sebanyak 763 unit kerja yang mendapatkan predikat WBK dan WBBM, yang salah satu penerimanya adalah Kedeputian Bidang Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK.

Berita Terkait  Gencarkan Program Percontohan Daerah Binaan, Ini Lima Alasan Kemenag

Untuk meraih penghargaan WBK dan WBBM ini harus melalui berbagai tahap. Mulai dari tahap seleksi internal dan eksternal dari Tim Penilai Nasional (TPN) dari Kemenpan RB, tahap seleksi pendahuluan, tahapan survey online, tahapan desk evaluation, evaluasi lapangan, clearence, dan rapat panel. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *