Abu Bakar Ba’asyir Bebas, Ini Pesan Penting Kalapas Gunung Sindur

  • Bagikan
Ilustrasi vonis hakim ( Foto: shutterstock)

WartaBogor.com – Setelah menjalani masa Tahanan di Lapas Kelas II A Gunung Sindur, Abu Bakar Ba’asyir dinyatakan bebas, Jumat (8/1/2021) mendatang

Ba’asyir merupakan narapidana tindak pidana terorisme atau melanggar Pasal 15 jo. 7 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003. Dia sebelumnya divonis penjara selama 15 tahun.

Terkait kebebasan Abu Bakar Ba’asyir (ABB), Kalapas Khusus Kelas II A Gunsin, Mujiarto mengatakan pihaknya akan memberi pengamanan ekstra terkait kepulangan Abu Bakar Ba’asyir yang telah menjalani masa tahanan di Lapas Khusus Gunung Sindur.

Pihaknya mengaku mewanti-wanti akan terjadinya kerumunan oleh para simpatisan. Untuk menyiasati hal tersebut pihaknya juga telah berkoordinasi dengan stakeholder di Kabupaten Bogor.

“Kami koordinasi dengan stakeholder lainnya, termasuk gugus tugas Kab Bogor, dan Kecamatan Gunung Sindur dan menghimbau kepada simpatisan untuk tidak membuat kerumunan,” kata Mujiarto.

Mujiarto mengatakan ABB ditahan di Lapas Khusus Gunung sejak 2010. Masa tahanan ABB sempat dikurangi masa remisi, dan ABB dinyatakan bebas murni Jumat (8/1/2021).

“Saat ini kondisi ABB Alhamdulillah sehat, tapi beberapa waktu lalu memang dirawat di RSCM pada 24 November sampai 10 Desember 2020,” tutupnya.

Menurutnya kebebasan ABB bukan karena pertimbangan lain, dia bebas karena telah selesai menjalani masa tahanan.

“Tidak ada pertimbangan lain , ABB bebas karena selesai menjalani pidana,” kata Mujiarto.

Ba’asyir merupakan mastermind atau dalang pemboman di Bali pada 2002 lalu. Bom Bali itu menewaskan 202 orang. Ba’asyir sempat dipenjara pada Maret 2005 atas kaitannya dalam tragedi itu. Tetapi kemudian ia dibebaskan karena mengajukan banding.

Abu Bakar Ba’asyir juga pernah ditangkap dan dituduh terkait sejumlah serangan bom lainnya, termasuk penyerangan Hotel Marriott di Jakarta pada 2003 yang menewaskan 14 orang. Ia bahkan dituding merencanakan pembunuhan Megawati Sukarnoputri, Presiden ke-5 Republik Indonesia. (rub/IU)

Berita Terkait  Resmi! Pemerintah Perketat PSBB Di Jawa-Bali
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *