Gempa M 7,1 Guncang Fukushima, 950 Ribu Rumah Mati Listrik

  • Bagikan
ilustrasi. shutterstock

INDONESIAUPDATE.ID – Pemerintah Jepang masih terus mendata dampak gempa magnitudo (M) 7,1 di sisi Timur lepas pantai Fukushima, Jepang. Sejauh ini 950 ribu rumah alami mati listrik, 4 orang terluka dan reaktor nuklear tidak mengalami gangguan.

Seperti dilansir AFP, Minggu (14/2/2021), gempa yang terjadi Sabtu (13/2) sekitar pukul 11.07 waktu setempat itu menyebabkan 4 orang luka-luka. Meski begitu, hingga kini belum ada laporan langsung terkait kerusakan signifikan yang terjadi pasca gempa M 7,1 pada kedalaman 60 kilometer di sekitar wilayah Fukushima.

Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga dipanggil ke kantornya usai gempa tersebut mengguncang wilayah Fukushima. Dia mengatakan bahwa pemerintah akan mendirikan kantor penghubung khusus untuk berkoordinasi dengan daerah yang terkena dampak.

Hingga kini dilaporkan 950 ribu rumah di daerah terdampak gempa mengalami mati listrik. Meski begitu, Sekertaris Kabinet Katsunobu Kato menyebut pihaknya masih mendata dampak gempa tersebut.

“Sejauh ini dampak kerusakan, korban, dan kerusakan struktural sedang dinilai,” ucapnya.

Katsunobu mengatakan pihaknya juga tengah menelusuri pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) yang ada di Fukushima Daiichi. Sejauh ini, lanjut dia, belum ada kelainan yang terjadi pada reaktor nuklir tersebut.

“Survei sedang dilakukan di pembangkit nuklir Fukushima Daiichi,” katanya.

“Kami telah menerima laporan bahwa PLTN Onagawa dan PLTN Fukushima Daichi tidak menunjukkan kelainan apapun,” tambahnya (detik)

Berita Terkait  Presiden Jokowi Anugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera dan Bintang Jasa bagi 71 Tokoh
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *