DKI Luncurkan Program Kolaborasi Persampahan, SPARTA Siap Berkaloborasi

  • Bagikan

INDONESIAUPDATE.ID – Pemprov DKI Jakarta meluncurkan program pengelolaan sampah bernama Kolaborasi Sosial Berskala Besar atau KSBB Persampahan. Pendopo SPARTA Indonesia mendukung dan siap Berkaloborasi.

Ketua Umum Pendopo SPARTA Indonesia Hadi Kurniawan mengatakan, program KSBB Persampahan sangat bermanfaat bagi warga DKI Jakarta. Program tersebut tentu akan semakin menambah peran warga dalam mewujudkan Jakarta bersih.

“Yang penting juga dari pemilahan sampah ada nilai ekonomi yang didapat warga Jakarta,” kata Hadi saat gelar silaturahmi anggota SPARTA Indonesia di kawasan Kalibata, Jaksel, Sabtu (6/3/21).

Lebih lanjut, dia menegaskan, SPARTA
memandang bahwa permasalahan sampah di Jakarta sangan krodit. Menurut Hadi, sudah saatnya dibuat kebijakan soal persampahan yang sebelumnya sudah melalui Perda No 04 Tahun 2019 dan juga melalui KSBB Persampahan .

“Kami dari SPARTA mendukung dan siap berkolaborasi,” ujarnya.

Sekjen Pendopo SPARTA Indonesia Muhammad Yusuf menambahkan, program yang diluncurkan Pemprov DKI langsung menyasar kepada permasalahan di lapangan. Dia optimistis program ini bisa berjalan baik dengan kerjasama semua pihak.

“Anggota Satgas SPARTA siap diterjunkan dalam kolaborasi KSBB Persampahan ini,” tegasnya.

Seperti diketahui, juru bicara Dinas Lingkungan Hidup DKI, Yogi Ikhsan mengatakan program tersebut merupakan platform donasi berbasis daring yang disediakan pemerintah untuk memfasilitasi warga dalam mengelola sampah.

“KSBB Persampahan difokuskan pada bantuan fasilitas pengelolaan Bank Sampah, pengelolaan sampah lingkup Rukun Warga, pengurangan sampah organik dengan Biokonversi Maggot BSF dan pengelolaan jelantah,” kata Yogi melalui pesan singkat, Kamis, 4 Maret 2021.

Platform KSBB Persampahan ini akan mempertemukan kolaborator, yakni pemberi bantuan atau pembelian bahan baku daur ulang/sampah terpilah dan Bank Sampah atau pengurus RW sebagai penerima bantuan atau penyedia bahan baku daur ulang/sampah terpilah.

Berita Terkait  IHM Ajak Umat Islam Lebih Bijak Sikapi Penghinaan Nabi

“Kemudian, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta akan menjadi fasilitator sebagai perantara dan verifikator bantuan atau pembelian hasil pengelolaan sampah,” terngnya.

Platform KSBB Persampahan merupakan hasil dari kolaborasi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta dengan Yayasan Tunasmuda Care @tcare.id. Nantinya platform KSBB Persampahan ini akan membantu kolaborator menyalurkan bantuannya.

Dengan program ini diharapkan masyarakat dapat ikut berpartisipasi aktif memilah sampah dan mendapat manfaat baik secara ekonomi dan ekologis dari pengolahan sampah tersebut. Bagi warga yang ingin berpartisipasi bisa mengakses https://plusjakarta.com/ksbb.

“Sampah ini bukan cuma tanggung jawab mereka yang mengurusnya di tempat pembuangan akhir, tapi tanggung jawab kita bersama, seperti program SAMTAM (sampah tanggung jawab bersama)” ujarnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *