PROPERTIHEADLINES

Cicilan KPR Nasabah BTN Turun, Cek Infonya!

550
×

Cicilan KPR Nasabah BTN Turun, Cek Infonya!

Sebarkan artikel ini

INDONESIAUDPATE.ID – Wakil Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengungkapkan jika memang benar ada penurunan besar cicilan KPR nasabah. Hal ini karena pemerintah telah mencairkan dana subsidi bunga KPR kepada BTN.

“Memang dulu ada program pemulihan ekonomi nasional. Kalau ingat ada PMK yang pembayaran bunga KPR nya sampai tipe 70,” kata dia dalam konferensi pers, Rabu (10/3/2021).

Nixon mengungkapkan program subsidi bunga tersebut mulai dari 3-6 bulan dan saat ini sudah masuk. “Uang itu dibayarkan untuk kepentingan masyarakat, bukan kepentingan BTN,” jelas dia.

Yang dimaksud Nixon adalah Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) berupa pemberian subsidi bunga KPR yang tercantum dalam PMK Nomor 138/PMK.05/2020 tentang Tata Cara

Pemberian Subsidi Bunga/Subsidi Margin Dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Dalam aturan itu, pemerintah memang memberikan insentif bunga KPR kepada debitur yang membeli rumah tipe 70 ke bawah. Persyaratannya adalah nasabah memiliki NPWP, plafon kredit maksimal Rp 10 miliar dan baki debet hingga 29 Februari 2020 serta mengantongi kredit lancar per 29 Februari 2020.

Nixon menyebutkan aturan yang diterbitkan tahun lalu itu sudah mulai cair belum lama ini. Karena itu BTN langsung mendistribusikan ke nasabah. Ini artinya tagihan bunga KPR milik nasabah sebenarnya dibayar oleh pemerintah.

Untuk subsidi bunga ini pemerintah mengucurkan dana Rp 2,1 triliun ke BTN. Untuk nasabah KPR BTN bisa mendatangi kantor cabang BTN terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

“Mungkin teman-teman (nasabah) mikirnya kok ada tagihan gue dibayarin? Gitu kan? Jadi seakan-akan (cicilan KPRnya ) turun. Ini bisa dicek dengan datang ke kantor cabang BTN terdekat,” ujar dia.

Berita Terkait  Mentan Dorong Pengembangan Integrated Farming Kawasan Hortikultura

Nixon menyampaikan untuk nasabah yang merasa terbantu karena keringanan ini bisa menyampaikan rasa terima kasih ke pemerintah. “Ucapin terima kasihnya ke pemerintah ya bukan ke BTN,” tambah dia.

Saat ini BTN juga mulai menurunkan suku bunga dasar kredit (SBDK) sejalan dengan penurunan bunga kredit di bank Himbara. Penurunan ini dilakukan untuk mendorong pertumbuhan kredit di tengah pandemi COVID-19. (detik)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://sakip-lldikti11.kemdikbud.go.id/sluar/
https://sakip-lldikti11.kemdikbud.go.id/bet200/
https://sakip-lldikti11.kemdikbud.go.id/stoto/
https://sakip-lldikti11.kemdikbud.go.id/sdemo/
https://sakip-lldikti11.kemdikbud.go.id/s88/
https://sakip-lldikti11.kemdikbud.go.id/sgacor/
https://sakip-lldikti11.kemdikbud.go.id/sthailand/
https://sakip-lldikti11.kemdikbud.go.id/shitam/
https://sakip-lldikti11.kemdikbud.go.id/s777/horus303