HEADLINESNASIONAL

Berikut Vaksin Covid-19 yang Digunakan Indonesia untuk Vaksinasi Massal

395
×

Berikut Vaksin Covid-19 yang Digunakan Indonesia untuk Vaksinasi Massal

Sebarkan artikel ini
Petugas medis melakukan skrining lalu menyuntikan vaksin COVID-19 ke seorang dokter di RSUI, Kota Depok, Kamis (14/1). Program vaksinasi COVID-19 Sinovac tahap pertama diberikan kepada para tenaga kesehatan dan dilakukan serentak di berbagai daerah di Indonesia.(Ahmad Fachry/WartaDepok.com

INDONESIAUPDATE.ID – Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny K Lukito menyebut ada empat jenis vaksin COVID-19 yang akan digunakan dalam program vaksinasi gotong royong. Disebutkan ada vaksin Sinopharm, Moderna, Sputnik, dan Novavax.

Penny menjelaskan, progress dari setiap vaksin yang akan digunakan dalam program vaksinasi mandiri atau gotong royong pertama adalah Sinopharm, yang saat ini masih menunggu data pasti dan jadwal yang sudah dibicarakan oleh pemerintah.

“Ada beberapa data yang masih di proses data mutu kami tunggu. Beberapa kelengkapan data aspek khasiat,” jelasnya dalam dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi IX DPR RI, Senin (15/3/2021).

Penny melanjutkan, vaksin Sputnik vaksin asal Rusia ini sudah menerima proses registrasi dari perusahaan yang memproduksi. Tetapi, prosesnya masih dibicarakan dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian BUMN terkait kepastian penggunaan vaksin Sputnik.

“Tugas BPOM menjamin keamanan mutu, bukan berarti hasil penilaian BPOM itu pasti dibeli, nanti ada prosesnya lagi dari Kemenkes atau Kemen BUMN, akan digunakan vaksin mandiri atau tidak, tapi Sputnik sudah ada pembicaraan,” tambah Penny.

Novavax saat ini masih dibutuhkan bridging study karena produksi yang masuk ke Indonesia dari India. Persetujuan dari FDA India pada Mei dan Juni ini.

Vaksin terakhir yang akan digunakan adalah Moderna asal Amerika. Penny menyebut, perkembangan vaksin ini sudah mendapat condition of approval dari FDA Amerika Serikat dan juga Inggris. Saat ini, BPOM tengah menyelesaikan MoU dengan perusahaan vaksin Indonesia PT Bio Farma untuk melakukan produksi bersama untuk vaksin gotong royong. (detik)

Berita Terkait  Bansos Tunai Disalurkan, Pengamat Ekonomi: Bisa Bantu Perekonomian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

senang303
sukses303
horus303
sboku99
spesial4d
amarta99
joinbet99