Siap siap GeNose Akan Diterapkan di Bandara

  • Bagikan
Dokumentasi Humas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

INDONESIAUPDATE.ID – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal memasang alat tes GeNose di bandara pada 1 April 2021. Artinya, deteksi Covid-19 melalui hembusan nafas tersebut akan dilakukan pada penumpang pesawat.

Juru bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, tidak menutup kemungkinan nantinya GeNose dapat dijadikan persyaratan untuk perjalanan udara. “Nantinya demikian, direncanakan per 1 April,” ujarnya, Senin (14/3).

Saat ini, persyaratan penumpang pesawat masih menggunakan antigen atau swab PCR. Hal tersebut masih merujuk pada ketentuan satgas Covid-19.

“Hingga saat ini  ini syarat perjalanan masih diatur satgas penanganan covid, kami merujuk pada ketentuan itu,” tuturnya.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah berdiskusi dengan Menteri Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk memasang alat deteksi Covid-19 berupa GeNose di bandara. Rencana tersebut akan dilakukan pada 1 April 2021.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto, mengungkapkan kegembiraannya lantaran tes GeNose sudah mendapat izin dari Menko Luhut. Dan itu dapat dijadikan salah satu opsi. Sebab, saat ini hanya berlaku PCR dan rapid antigen.

Untuk saat ini, Novie menambahkan, tim dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara tengah mempersiapkan SOP agar pelaksanaan tes GeNose di bandara dapat berjalan lancar.

Berita Terkait  KPK Tangkap Menteri Edhy Prabowo di Bandara Soetta, Begini Kronologi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *