Siap-siap! Harga Bawang-Daging Sapi Bakal Naik

  • Bagikan

INDONESIAUPDATE.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) memproyeksikan harga bawang merah dan bawang putih eceran naik menjelang Ramadan dan Idul Fitri akibat melonjaknya permintaan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut kenaikan diperkirakan terjadi hingga Juni mendatang. Untuk bawang merah, harga diperkirakan naik hingga Rp40 ribu per kilogram (Kg) dan bawang putih berada di level Rp30 ribu per Kg.

Angka ini menanjak dari harga rata-rata bawang merah pada minggu keempat Februari, yakni Rp31.451 per Kg. Sedangkan harga rata-rata bawang putih untuk pekan kedua Februari yakni Rp26.450 per Kg.

“Harga eceran bawang merah dan bawang putih cenderung naik hingga akhir Juni 2021, disebabkan oleh peningkatan permintaan menjelang bulan puasa dan Idul Fitri,” katanya pada rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI, Kamis (18/3).

Adapun harga daging sapi diperkirakan naik mulai Mei hingga akhir Juni. Menurut dia, pada minggu kedua Mei, harga daging sapi bakal mencapai Rp121.678 per Kg, namun mulai menurun pada akhir Juni.

Hal ini dikarenakan terjadi defisit stok pada Januari-Maret, sementara kebutuhan daging menjelang hari raya meningkat.

Sebaliknya, harga cabai merah keriting dan cabai rawit di tingkat konsumen diperkirakan menurun untuk periode sama dibandingkan Maret.

Proyeksinya, cabai merah keriting bakal dibanderolRp44 ribu per Kg dan cabai rawit seharga Rp52 ribu per Kg. Untuk informasi, saat ini harga cabai, khususnya untuk cabai rawit merah mengalami kenaikan hingga dua digit.

Kementerian Perdagangan mencatat harga cabai rawit merah naik 22,48 persen yaitu dari Rp74.067 per Kg menjadi Rp96.247 per Kg selama periode 11 Februari-12 Maret 2021. Harga melonjak karena gagal panen di sejumlah daerah sentra produksi.

Berita Terkait  Menkes Canangkan Vaksinasi Bagi Penyandang Disabilitas

Sementara, untuk harga beras diramal relatif stabil. Syahrul menyebut perubahan harga menjelang dan selama Lebaran tidak akan signifikan, perkiraannya hanya sebesar 0,1 persen-0,2 persen.

“Harga eceran gula pasir pada Mei diperkirakan stabil dan terjadi sedikit kenaikan di Juni menjadi Rp13.800 per Kg,” tambahnya. (cnnindonesia)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *