Survei: Anies Pertama, Disusul Ganjar dan RK

  • Bagikan
Anies Baswedan, Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo. (Dok. Pemda DKI Jakarta)

INDONESIAUPDATE.ID – Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei nasional suara anak muda terkait isu-isu sosial, politik dan bangsa. Soal pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mayoritas anak muda dinilai telah menentukan sejumlah nama sebagai pilihannya.

Survei menunjukkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di urutan teratas dengan persentase 15, 2 persen. Disusul, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 13,7 persen, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil (RK) 10,2 persen.

Metode survei menggunakan simple random sampling sebanyak 206.983 responden yang terdistribusi secara acak di seluruh nusantara dan pernah diwawancarai secara tatap muka langsung dalam rentang 2 tahun terakhir.

Margin of error sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei digelar pada Maret 2018-2020. Total survei sampel yang berhasil diwawancara sebanyak 1.200 responden warga negara Indonesia berusia 17-21.

Kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, responden diberi pertanyaan, jika pemilihan presiden dilakukan saat ini.

Survei tersebut dilakukan dengan memberikan simulasi 17 nama calon yang akan menjadi presiden.

“Nama yang paling tinggi itu Anies Baswedan di angka 15,2 persen,” kata Burhanuddin saat memaparkan hasil surveinya, Minggu (21/3).

Selain tiga nama itu, urutan Capres pilihan anak muda lainnya, yakni Sandiaga Uno 9,8 persen. Prabowo Subianto 9,5 persen.

Burhanuddin juga mengatakan, suara pemilih Presiden Joko Widodo diprediksi akan menyebar ke beberapa nama. Sedangkan suara Anies berasal dari pendukung Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019.

“Secara umum, sesuai dengan temuan kami juga pemilih Pak Jokowi itu menyebar, sementara Anies paling banyak, dia mendapatkan dukungan diantara mereka yang mencoblos Pak Prabowo-Sandi di 2019 kemarin,” katanya.

Berikut 10 Capres pilihan anak muda versi Indikator:

Berita Terkait  Jokowi: Gigit Jika Ada yang Niat Korupsi Dana Covid-19

1. Anies Baswedan 15,2 persen

2. Ganjar Pranowo 13,7 persen

3. Ridwan kamil 10,2 persen

4. Sandiaga uno 9,8

5. Prabowo Subianto 9,5 persen

6. Agus Harimurti Yudhoyono 4,1 persen

7. Erick Thohir 1,5 persen

8. Tito Karnavian 1,2 persen

9. Puan Maharani 1,1 persen

10. Gatot Nurmantyo 0,8 persen

(CNN Indonesia)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *