Ini Dia Pesan Mentan Untuk Petani Millenial di Bimtek Jombang

  • Bagikan

INDONESIAUPDATE.ID – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Petani Milenial di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu, 27 Maret 2021. Dalam acara ini, Mentan menyampaikan 5 pesan penting sebagai acuan dalam membangun pertanian masa depan.

Pertama, anak muda harus membuat rencana jangka panjang dengan planning yang jelas sebagai modal dasar dalam melangkah. Artinya, kata Mentan, petani muda tidak bisa berdiam diri tanpa memikirkan inovasi.

“Planningnya jelas dan harus terus perkuat. Jelas artinya budidayanya tidak kabur. Pemasarannya sudah dikonsepkan dan pemasarannya sudah dipikirkan,” katanya.

Kedua, petani milenial juga harus memiliki atensi dan berpikir keras untuk meraih kesuksesan. Dalam poin ini, anak muda tidak boleh menyerah dengan satu kali kegagalan.

“Gagal itu biasa, kalau perlu gagal dulu baru berhasil. Dan yang paling penting atensinya terus bermain. Tidak boleh hanya di satu tempat saja,” katanya.

Poin ketiga adalah mempergunakan ilmu pengetahuan sebagai modal dalam berpikir dan bertindak. Pengetahuan harus disiapkan dengan cara belajar dan mengasah rasa keingintahuan.

“Kalau saya bilang poin ini harus lebih banyak memakai knowledge. Pakai pengetuahanmu sebab keringat tidak pernah mengingkari janji,” katanya.

Adapun poin keempat dan kelima adalah mau berkorban dengan keringat yang lebih banyak tanpa mengabaikan integritas. Berkorban demi sebuah cita-cita harus dilakukan untuk sesuatu yang lebih besar.

“Intinya alam kita ini sudah tuhan kasih untuk dirawat dan dioptimalkan. Tinggal kita belajar yang rajin dan mau berusaha. Jadi saya sarankan selesai bimtek ini cari jalanya. Cari inovasinya. Insyaallah semua bisa kita lakukan,” tutupnya.

Berita Terkait  Wajib Tahu! Perbandingan Tingkat Kematian Virus Corona, MERS, dan SARS
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *