The Citizens Menang Lawan Dortmund di Menit Akhir

  • Bagikan
Foto: dok. instagram

INDONESIAUPDATE.ID – Manchester City mengalahkan Borussia Dortmund 2-1 di leg I perempatfinal Liga Champions. Phil Foden menjadi pahlawan The Citizens lewat golnya di menit akhir.

Manchester City menjamu Borussia Dortmund di Etihad Stadium, Rabu (7/4/2021) dini hari. Tuan rumah tampil dominan sejak awal laga.

Mereka mencatatkan penguasaan bola sebesar 61,6 persen dibanding milik 38,4 Dortmund. Pasukan Pep Guardiola mampu mencetak gol di menit ke-19 lewat Kevin De Bruyne.

Borussia Dortmund sempat menyamakan kedudukan lewat Marco Reus di menit ke-84. Phil Foden kemudian menjadi pahlawan kemenangan Manchester Biru berkat golnya di menit akhir laga.

Meski kalah, Dortmund mampu mengantungi gol tandang. Hal ini menjadi modal berharga untuk mereka menyongsong leg kedua di Signal Iduna Park (15/4).

Kemenangan 1-0 di leg kedua sudah mengantar Die Borussen ke semifinal. Man City jelas punya tugas berat untuk mempertahankan keunggulan agregat ini di markas Dortmund nanti.

Jalannya Pertandingan

Tuan rumah mengambil inisiatif menyerang di awal laga. Meski demikian, Dortmund yang justru menghadirkan ancaman berbahaya terlebih dahulu pada menit ke-7.

Jude Bellingham menusuk dari sisi kiri. Ia lalu melepas sepakan keras dari dalam kotak penalti. Upayanya belum membuahkan gol karena Ederson masih bisa menepis bola.

Saat Dortmund mulai bisa memberi perlawanan, Emre Can membuat kesalahan umpan yang berakibat fatal. Umpan Can di lini tengah bisa dipotong oleh Riyad Mahrez.

Mahrez memberikan bola ke Kevin De Bruyne yang menginisiasi serangan cepat. Transisi Dortmund tak cukup baik mengadang serangan ini.

Bola yang disodorkan ke Phil Foden di sisi kiri langsung diberikan ke Mahrez di tiang jauh. Mahrez lalu memberi umpan tarik.

Berita Terkait  Juventus Didepak dari Liga Champions, CR: Juara Sejati Tidak Pernah Berhenti

Gol!! De Bruyne yang muncul dari belakang menyambar bola menjadi gol. Man City unggul 1-0.

Unggul, The Citizens lebih tenang dalam menguasai bola. Mereka bermain sabar menyusun serangan dari belakang.

Pada menit ke-29, wasit Ovidiu Hategan sempat memberi hadiah penalti kepada Man City saat Can tampak menendang kaki Rodri. Namun usai melihat VAR, wasit membatalkan keputusannya karena kontak yang terbilang minim.

Wasit kembali membuat keputusan kontroversial pada menit ke-38. Bellingham bisa merebut bola dari penguasaan Ederson hingga tinggal menceploskan bola ke gawang yang kosong.

Namun, wasit menganggap Bellingham melakukan pelanggaran. Padahal dalam tayangan ulang terlihat ayunan kaki Bellingham mengenai bola lebih dulu baru kaki Ederson.

Tak ada gol tambahan yang tercipta hingga jeda. Skor 1-0 untuk Man City menutup babak pertama.

Dortmund langsung menggebrak di awal babak kedua. Ancaman langsung mereka hadirkan di menit ke-47.

Mendapatkan umpan terobosan dari Mahmoud Dahoud, Erling Haaland bisa memenangi adu duel adu lari dengan Ruben Dias. Namun, sepakannya bisa ditahan oleh Ederson.

Pada menit ke-65, De Bruyne menunjukkan kapasitasnya sebagai motor serangan Man City. Mampu lepas dari pengawalan di sisi kanan, De Bruyne melepas umpan tarik yang langsung disambar Foden.

Marwin Hitz tampil apik meredam tekanan Man City. Ia bisa membendung sepakan Foden dengan kakinya.

Gempuran Man City belum berakhir. De Bruyne menyodorkan bola ke Foden yang melepas sepakan keras dari luar kotak penalti di menit ke-77.

Tembakannya sempat terlepas saat ditahan oleh Hitz. Mats Hummels dengan sigap mengantisipasi bola muntah dengan langsung menyapu bola.

Dortmund yang berada dalam tekanan justru mampu menyamakan kedudukan di menit ke-84. Gol ini lahir dari kerja sama segitiga Bellingham, Erling Haaland dan Marco Reus.

Berita Terkait  Update Bencana NTT: 124 Orang Meninggal, 74 Masih Hilang

Gol!! Haaland yang mendapat bola dari Bellingham memantulkannya ke Reus. Reus yang menusuk di sisi kiri kotak penalti melepas tembakan yang memperdayai Ederson.

Man City merespon dengan baik gol Reus ini di menit akhir. Kemampuan De Bruyne dalam melepas umpan kembali mengawali gol tuan rumah.

Gol!! Umpan panjang De Bruyne menjangkau Ilkay Guendogan di kotak penalti. Guendogan menyodorkan bola yang bisa dituntaskan Foden menjadi gol.

Skor 2-1 untuk keunggulan Man City menutup laga.

Susunan Pemain

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, John Stones, Joao Cancelo; Rodri, Ilkay Gundogan; Riyad Mahrez, Kevin De Bruyne, Phil Foden; Bernardo Silva (Gabriel Jesus 58′).

Borussia Dortmund: Marwin Hitz; Mateu Morey (Thomas Meunier 80′), Emre Can, Mats Hummels, Manuel Akanji; Jude Bellingham, Mahmoud Dahoud (Thomas Daleney 80′), Raphael Guerreiro; Ansgar Knauff (Geovanni Reyna 62′), Erling Haaland, Marco Reus (detik)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *