RSUD Blambangan Banyuwangi Siapkan Ruangan Identifikasi Jenazah Kru KRI Nanggala-402

  • Bagikan
Salah satu ruangan di RSUD Blambangan (Dok. RSUD Blambangan)

INDONESIAUPDATE.ID – Evakuasi badan kapal dan awak KRI Nanggala-402 terus diupayakan oleh pemerintah pusat. Segala persiapan juga dilakukan oleh Pemkab Banyuwangi, ketika nantinya evakuasi dilakukan di Kabupaten paling ujung Timur Pulau Jawa ini.

Salah satunya adalah menyiapkan tempat ruangan dan tenaga perawatan jenazah. Pemkab Banyuwangi menunjuk Rumah Sakit Umum Daerah Blambangan di Banyuwangi, Jawa Timur, sebagai lokasi identifikasi jenazah.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Widji Lestariono mengatakan meski hingga saat ini belum diketahui dimana posko evakuasi akan dipusatkan, namun Pemkab Banyuwangi sudah menyiapkan lokasi dan petugas.

“Kita persiapkan di RSUD Blambangan. Lokasinya di belakang itu ada tempat khusus di Unit Ilmu Kedokteran Kehakiman (IKK). Agar matinya jika jenazah datang tempat bisa dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya kepada wartawan, Senin (26/4/2021).

Unit IKK, kata Widji, bakal didampingi oleh Tim Identifikasi Korban Bencana (DVI) Polri dan Tim Kedokteran TNI Angkatan Laut. Unit IKK biasa difungsikan untuk merawat jenazah.

“Namun, mengingat jumlah jenazah yang akan dirawat kemungkinan berjumlah banyak, maka perlu persiapan lebih. Tentu akan kita maksimalkan nantinya,” tambahnya.

Selain tempat dan petugas perawatan jenazah, pihaknya juga menyiapkan peti jenazah. Hal ini sesuai dengan permintaan dari TNI Angkatan Laut beberapa waktu yang lalu.

“Ya kita sediakan. Jumlahnya nanti ya, kita melihat kondisi yang ada,” tambahnya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melaporkan hasil pencarian KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali. Hadi menyampaikan bahwa seluruh awak KRI Nanggala-402 dinyatakan telah gugur.

“Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur,” ujar Hadi dalam konferensi pers di Bali, Minggu (25/4/2021).

Berita Terkait  MUI: Awak KRI Nanggala 402 Insya Allah Syuhada

Satgas SAR, kata Hadi, telah mengerahkan segala kemampuannya untuk memastikan keberadaan KRI Nanggala-402.

KRI Rigel juga telah melakukan pemindaian secara akurat dengan multibeam sonar dan magnetometer untuk menghasilkan citra bawah air yang lebih detail. MV Ship Rescue juga telah menurunkan ROV-nya untuk memperkuat citra bawah air. (detik)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *