Untung Ada Alisson, Liverpool Berhasil Kalahkan West Bromwich 2-1

  • Bagikan
Alisson saat mencetak gol melalui sundulan di menit akhir pertandingan Foto: dok. instagram @liverpoolfc

INDONESIAUPDATE.ID – Kiper Liverpool, Alisson Becker, menjadi orang pertama untuk dua catatan ini setelah berhasil mencetak gol yang antarkan kemenangan untuk The Reds.

Alisson Becker menjadi pahlawan kemenangan Liverpool ketika tim besutan Juergen Klopp itu bertanding melawan West Browmich Albion dalam laga pekan ke-36 Liga Inggris 2020-2021, Minggu (16/5/2021).

Dalam duel yang dimainkan di kandang West Bromwich Albion, Stadion The Hawthorns, dan dimenangkan oleh Liverpool dengan skor 2-1 itu, Alisson Becker berperan penting dengan menjaga gawang The Reds dari kebobolan banyak gol.

Namun, bukan cuma itu yang membuat Alisson Becker menjadi pahlawan Liverpool.

Alisson Becker juga mencetak gol penentu kemenangan Liverpool pada menit 90+5′.

Dalam laga itu Liverpool tertinggal lebih dahulu setelah gawangnya dibobol oleh striker West Bromwich Albion, Hal Robson-Kanu, pada menit ke-15.

Namun, delapan belas menit setelahnya Liverpool membalas dan membuat kedudukan kembali berimbang lewat aksi Mohamed Salah.

Skor imbang 1-1 bertahan nyaris di sepanjang laga.

Sampai akhirnya pada menit terakhir, menit keempat injury time yang diberikan ofisial pertandingan, Liverpool mendapat tendangan penjuru.

Sepak pojok di sebelah kiri penyerangan Liverpool itu dieksekusi oleh Trent Alexander-Arnold.

Alisson yang turut maju ke kotak penalti West Brom menyambut umpan lambung dari bek kanan The Reds itu menggunakan sundulan.

Tandukan Alisson melaju ke sisi kiri gawang West Brom, dan kiper The Baggies, Sam Johnstone, hanya terpaku ketika bola melewatinya dan merobek jala kawalannya.

Berkat gol Alisson itu, harapan Liverpool untuk finis di empat besar klasemen Liga Inggris 2020-2021 tetap hidup.

Dengan meraih angka penuh dari pertandingan kontra West Brom, kini Liverpool telah mengumpulkan 63 angka dari 36 kali bermain.

Berita Terkait  Man Utd Gilas Southampton Dengan Skor 9-0

Capaian poin Liverpool itu hanya terpaut satu angka dari milik tim posisi empat klasemen, Chelsea, yang mengoleksi 64 poin dari 36 pertandingan.

Selain membantu Liverpool menang dan menjaga asa lolos ke Liga Champions musim depan, gol Alisson dalam laga kontra West Brom juga mengantarkan kiper 28 tahun tersebut menjadi yang pertama untuk dua catatan ini.

Catatan pertama, seperti dilansir BolaSport.com dari Opta, adalah Alisson menjadi kiper pertama dalam sejarah Liverpool yang mencetak gol dalam pertandingan kompetitif.

Sementara yang kedua adalah Alisson menjadi kiper pertama di Liga Inggris yang mencetak gol menggunakan teknik sundulan.

1 – Of the six goalkeepers to have scored a goal in Premier League history, Alisson is the first to find the net with a headed finish. Unbelievable. https://t.co/kmUW4qjD1s

— OptaJoe (@OptaJoe) May 16, 2021

Sebelum Alisson sudah ada lima penjaga gawang yang berhasil mencetak gol di ajang Liga Inggris era Premier League.

Mereka adalah Peter Schmeichel (Aston Villa), Brad Friedl (Blackburn Rovers), Paul Robinson (Tottenham Hotspur), Tim Howard (Everton), dan Asmir Begovic (Stoke City).

Namun, tidak ada satu pun dari daftar kiper itu yang mencetak gol menggunakan tandukan seperti Alisson.

Dikutip BolaSport.com dari GiveMeSport, Peter Schmeichel mencetak gol ke gawang Everton pada 20 Oktober 2001 dalam gelaran Liga Inggris 2001-2002 menggunakan sepakan voli kaki kanan.

Brad Friedl melesakkan golnya ke gawang Charlton dalam gelaran Liga Inggris 2003-2004 dengan teknik sepakan kaki kiri dari jarak dekat.

Paul Robinson mencetak gol untuk Tottenham Hotspur dalam pertandingan Liga Inggris 2006-2007 melawan Watford menggunakan sepakan kaki kanan lewat situasi tendangan bebas langsung dari area pertahanannya sendiri.

Berita Terkait  Pemerintah Perpanjang PPKM Mikro di Luar Wilayah Jawa-Bali

Tim Howard mencatatkan namanya di papan skor setelah sepakan kaki kanan dari kotak penaltinya berhasil menggetarkan jala lawan dalam pertandingan Everton melawan Bolton di Liga Inggris 2011-2012.

Sementara nama terakhir, Asmir Begovic, yang kala itu masih membela Stoke City mencetak gol ke gawang Southampton dalam laga Liga Inggris 2013-2014 menggunakan sepakan kaki kanan dari dalam kotak penaltinya sendiri.

Kini, Alisson masuk ke daftar penjaga gawang terbaru yang berhasil mencetak gol di Premier League, namun dia orang pertama yang melakukan itu dengan sundulan. (bolasport)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *