Bukan Disuntik, Vaksin COVID Nanti Cuma Disemprot

  • Bagikan
ilustrasi vaksin sinovac (Foto: Ahmad Fachry/WMG)

INDONESIAUPDATE.ID – Vaksin COVID nantinya akan menjadi semakin canggih. Vaksin tanpa suntik kini mulai diuji coba. Wah, kalau bukan disuntik, bagaimana cara vaksinnya bisa masuk ke dalam tubuh?

Uji coba vaksin COVID tanpa suntik ini dilakukan di Australia. Uji coba vaksin COVALIA fase 1 digelar serentak di 3 tempat yaitu Scientia Clinical Research di Sydney, Telethon Kids Institute di Perth, dan Women’s and Children’s Hospital di Adelaide.

Vaksin ini berbasis gen menggunakan sekuens DNA virus SARS-CoV2. Dilansir dari News.com Australia, Selasa (29/6/2021) vaksin ini tidak memakai suntikan, melainkan jet spray atau semprotan bertekanan tinggi.

Saat disemprot dengan tekanan tinggi, vaksin akan menembus ke dalam kulit. Vaksin akan diserap sel tubuh. Kode DNA akan menghasilkan protein yang memicu imunitas tubuh.

Vaksin semprot ini sudah dipakai teknologinya di Amerika, namun baru diuji di Australia. Uji coba ini dipimpin oleh University of Sydney.

Vaksin COVALIA dirancang oleh perusahaan bioteknologi Technovalia dan rekanan BioNet yang mengembangkan vaksin DNA.

Dalam uji coba tahap satu, dibutuhkan 150 relawan. Setiap orang diberikan 2 dosis vaksin dengan jeda waktu 1 bulan. Jika sukses, maka akan berlanjut dengan fase 2.

“Study COVALIA ini adalah tonggak sejarah yang penting,”kata Kepala peneliti University of Sydney, Nicholas Wood.

Sementara, peneliti dari Telethon Kids Institute, Peter Richmond mengatakan pentingnya mengembangkan vaksin COVID-19 untuk respons imunitas dan keamanan yang lebih baik bagi semua orang.

“Menyediakan vaksin yang lebih beragam modelnya akan meningkatkan kapasitas vaksin global untuk memastikan semua orang bisa mendapatkan imunisasi,” ujarnya (detik)

Berita Terkait  Berikut Rangkuman Hasil Pertandingan Euro Tadi Malam
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *