Pengabdian Kepada Masyarakat Menjadikan Kader Kesehatan yang Garlic

  • Bagikan

INDONESIAUPDATE.ID – Kader Kesehatan merupakan bagian dari perpanjangan Tenaga Kesehatan yang tidak memiliki pendidikan formal dalam bidang kesehatan, dan berperan untuk membantu masyarakat mengidentifikasi dan menghadapi atau menjawab masalah kebutuhan akan kesehatan diri dan warga sekitarnya.

Kegiatan kader kesehatan dari beberapa pengamatan dan pengalaman yang Tim amati diberbagai kegiatan Posyandu untuk Balita ataupun Posyandu untuk Remaja atau Posbindu untuk Lansia di beberapa tempat belum terlihat peran dan fungsi Kader dalam Sistem Manajemen Kader yang baik. Begitupun yang terjadi pada Kader Kesehatan di Kelurahan Grogol Kecamatan Limo Kota Depok Jawa Barat.

Sehingga Kader Kesehatan yang ada di masyarakat kinerjanya kurang profesional, terutama dilihat dari Sistem Manajemen Kader, yang seharusnya dapat menjalankan peran dan fungsi Manajemen Kader Kesehatan secara baik, yang ada selama ini berdasarkan pengamatan bahwa Kader Kesehatan bekerja sesuai kebiasaan tanpa dibekali pengetahuan yang cukup tentang Manajemen Kader.

Maka Tim Pengabdian Kepada Masayarakat dari Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi Keperawatan-Universitas Pembanguan Nasional Veteran Jakarta terjun ke Kelurahan Grogol untuk melakukan pembinaan Manajemen Kader Kesehatan pada Hari Sabtu, 28 Agustus 2021dari jam 09.00 – 12.00 WIB. Kegiatan Abdimas yang di Ketuai oleh Ns. Tatiana Siregar, S.Kep., MM., M.Kep dan 2 Dosen lainnya serta dibantu Mahasiswa-mahasiwa D3 Keperawatan ingin menjadikan Kader Kesehatan yang GARLIC (Gagah, Aktif, Respons, dan Lincah).

Gagah dimaksudkan Kader kesehatan yang biasa didominasi kaum mak-mak harus punya jiwa Kuat-karena selain melakukan kegiatan-kegiatan utama rumah tangga namun masih punya tenaga lebih untuk mengorbankan tenaga dan pikiran untuk kepentingan Kesehatan dan Kesejahteraan masyarakat di wilayahnya.

Aktif, Kader Kesehatan diupayakan selalu bergerak untuk semua kegiatan-kegiatan yang dicanangkan dari Dinas Kesehatan dalam upaya mencegah dan meningkatkan status kesehatan dan kesejahteraan warga sekitarnya.

Berita Terkait  Catat! Begini Cara Daftar Kartu Prakerja

Respons, diharapkan Kader Kesehatan untuk cepat segera merespons akan adanya permasalahan kesehatan yang terjadi pada warga disekitarnya; dan Lincah, diharapkan Kader Kesehatan selalu mempunyai semangat yang menggebu-gebu untuk bergerak dari permasalahan satu ke permasalahan lainnya untuk dipecahkan.

Sebagai pendukung modal awal dalam pembinaan Manajemen Kader Kesehatan ini Ketua Abdimas telah membagi ilmu 10 komponen Soft Skills yang harus dimiliki seorang Kader Kesehatan dan Hard Skills Pengenalan penggunaan Microsoft Office Komputer untuk membuat laporan-laporan Kegiatan Posyandu.

10 Komponen Soft Skills yaitu: Komunikasi, Self Motivation, Leadership, Responsibility, Team Work, Problem Solving, Manajemen waktu, Ketegasan, Flexibel, Resolusi konflik-Negosiasi. Sedangkan untuk Hard Skills, Tim Abdimas sudah mempunyai jadwal untuk pembinaan pada Kader Kesehatan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *