Kreasi Cetakan Unik Berbahan dasar Silicone Rubber Remaja Masjid Riyadus Sholihin Kampung Cikambangan Depok

  • Bagikan

INDONESIAUPDATE.ID – Saat ini peran remaja menjadi amat penting dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Semangatnya diharapkan mampu untuk berkontribusi langsung dalam pembangunan dan pengembangan suatu lingkungan.

Potensi itulah yang terlihat dari perkumpulan remaja di Masjid Riyadus Solihin Kampung Cikambangan, Depok, yang kemudian mendorong kelompok dosen Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta untuk mengadakan sebuah kegiatan pengabdian masyarakat guna menghidupkan peran remaja secara aktif dalam pelatihan pembuatan cetakan sabun berbahan dasar silicone rubber sebagai upaya peningkatan kemandirian ekonomi masyarakat di Kampung Cikambangan Depok.

Peluang bisnis cetakan sabun sangat besar, sebab cetakan ini dibutuhkan oleh berbagai industri rumah tangga yang memproduksi sabun batangan.

Sebelumnya, para Ibu-Ibu PKK RW.004 di Kampung Kebon Duren Cikambangan Depok pun telah dibina untuk mampu mengolah minyak jelantah menjadi sabun cuci (batangan) oleh para dosen Program Studi D-III Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta.

Sehingga pengabdian masyarakat selanjutnya dinilai cukup berkesinambungan antara ibu-ibu PKK dan anak remaja di Kampung Cikambangan Depok, dapat bersama-sama menghasilkan dua produk sekaligus.

Kegiatan ini pun disambut baik oleh Ketua DKM Masjid Riyadus Sholihin, dalam sambutannya Ustadz Zaenal Arifin menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kerja sama dan sinergi yang luar biasa antara akademisi dan lingkungan masyarakat. Para dosen dan mahasiswa dapat mengimplementasikan teori yang diperoleh dari kampus kepada masyarakat.

Harapannya, semoga ilmu yang bermanfaat ini bisa menjadi lahan kegiatan ataupun lahan bisnis di lingkungannya. Ketua Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta, Bapak Dr. Eng. Muslimin, S.T., M.T. juga menyampaikan dalam sambutannya, bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu komponen Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain pengajaran dan penelitian. Sehingga apa yang diharapkan Bapak Zaenal pun harus bisa terwujud dalam kegiatan pelatihan ini.

Berita Terkait  Merebut Peluang Industri Halal

Dalam kesempatan yang sama, Bapak Muhammad Hidayat Tullah, S.T., M.T. selaku Ketua Pengabdian Masyarakat berbasis kelompok dosen, menjelaskan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan para remaja di Masjid Riyadus Sholihin dapat membuka wawasan atau ide-ide cemerlangnya untuk membuat berbagai cetakan yang unik dari bahan silicon rubber ini. Selain membuat cetakan sabun, para remaja pun dapat membuat cetakan untuk gantungan kunci berbahan resin yang nantinya bisa diproduksi untuk cenderamata.


Meskipun kegiatan pengabdian masyarakat ini diadakan di tengah pandemi covid-19, akan tetapi tidak menyurutkan antusiasme remaja untuk hadir ke tempat pelatihan yang digelar di halaman Masjid Riyadus Sholihin dengan total 15 peserta dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Salah satu peserta pelatihan, yakni Novi Oktaviani mengaku senang bisa belajar langsung dengan kakak-kakak mahasiswa disini. Penjelasan yang diberikan pun sangat jelas, sehingga pengetahuan mengenai bahan silicone rubber ini pun menjadi khasanah baru baginya. Pelatihan pembuatan cetakan sabun dari silicone rubber ini merupakan stimulus awal untuk pengenalan bahan silicone rubber bagi remaja.

Kedepannya , para remaja Masjid Riyadus Sholihin pun dapat berkreasi dengan membuat cetakan-cetakan unik lainnya, seperti cetakan gantungan kunci berahan resin, cetakan cokelat, cetakan es batu dan cetakan lainnya.

Adapun tujuan akhir dari kegiatan pelatihan ini adalah agar para remaja Masjid Riyadus Sholihin dapat memiliki kegiatan baru yang lebih bermanfaat dan kemampuan berwirausaha sehingga nantinya mampu mandiri secara ekonomi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *