Sejarah Tour Rihlah Yatim Piatu Majlis Taklim Miftahul Jannah Kalibata

  • Bagikan

INDONESIAUPDATE.ID – Majlis Taklim Miftahul Jannah Kalibatara, Jakarta berisi berbagai kegiatan keagamaan seperti pengajian dan syiar dakwah.

Selain itu, memiliki kegiatan kepekaan sosial dan kepedulian terutama dalam menggembirakan anak anak yatim dhuafa dan armalah. Melalui program santunan yang diadakan setiap tahun.

Kegiatan kepedulian dan santunan dengan niat baik dan mulia ini dicetuskan dan berawal dari pendiri dan sesepuh Majlis Taklim Miftahul Jannah yang terdiri dari bapak H Rais Saleh, bapak Sholeh Saan, Bapak Awab, bapak H Muhayat (mantan Sekda DKI Jakarta) dan bapak Fatulloh M Nasir.

Menurut kisah, pada saat itu mereka bersenda gurau ngobrol di Halte apotik Mataram. Lalu mereka melihat ada seorang anak kecil yang sedang tertegun lama mengarahkan pandangannya ke jalan raya seolah sedang asyik melihat keramaian warga yang begitu ceria dan gembira sedang mempersiapkan diri untuk berlibur ke wisata.

Dengan pandangan kosong seolah penuh harapan. Melihat kondisi bocah ingusan dan polos ini. Tak lama kemudian salah seorang sesepuh yaitu bapak H Rais yang sedang asyik ngobrol memberanikan diri untuk menyapa dan menanyyakannya.

“Nak sedang apa planga plongo ngeliatin jalanan dan orang mulu,” Dengan sigap anak itu menjawab. “Kalay jadi orang kaya enak yee bisa kemane mane dan pergi tour wisata kemane aje.”

Lalu kata pak H Rais, “Emang kenape lu ngomong begitu, emang selama ini kamu gak pernah pergi tour wisata?”

Seraya bocah kecil ini menjawab dengan kata kata yg membuat lubuk hati menjadi miris. Menghujam dada dan kaget penuh haru katanya. “Pegimane saya bisa pergi tour wisata pak, boro boro pergi jalan jalan duit aje gak punya, ayah saya udah gak ada ibu saya hidup pas pasan, saya anak yatim, cuma bisanye ngeliatin orang doang yg pade girang mo jalan jalan.”

Mendengar jawaban bak petir disiang hari yg menyentuh bathin, tak terasa air mata berurai , hati pun bersedih. Rasa kasihan yg mendalam melihat nasib dan harapan indah dari seorang bocah yatim ini. Maka saat itu para sesepuhpun berembuk dan bersepakat dan bertekad bulat dg niat baik penuh semangat untuk MEMBAHAGIAKAN DAN MENGGEMBIRAKAN ANAK” YATIM melalui Tour Wisata.

Berita Terkait  Lagi, Ridho Rhoma Terjerat Kasus Narkoba

dari kisah haru penuh hikmah inilah yg menjadi Titik Awal di cetuskannya KEGIATAN SANTUNAN DAN TOUR RIHLAH ANAK” YATIM DHUAFA. Yg terus berjalan setiap tahunnya.

Semangat perjuangan untuk membahagiakan para yatim ini semakin membara, atas saran dan bimbingan para pendiri dan sesepuh , kepada para remaja yg saat itu tergabung dlm majlis taklim miftahul jananh kalibata yg bertempat di rumah kediaman bapk Rais saleh. dan diasuh oleh tenaga pengajar Ustaz nizar dan bang zainudin bertekad kuat untuk mewujudkan rencana kegiatan Tour Rihlah tersebut.

Dengan kerja keras dan semangat yg tinggi serta pertolongan alloh swt. Maka di mulailah tour rihlah yg pertama di tahun 2000, yg bertempat di WISATA CIBODAS.

Alhamdulillah atas rohmat dan barokah alloh swt. Dengan keagungan dan kebesaranNYA ..tak di sangka dan di duga.. kegiatan kepedulian sosial ini semakin tahun semakin berkembang dan mendapatkan Respon positif dari berbagai elemen masyarakat dan didukung oleh aparat Rw Rt serta para simpatisan Donatur dermawan yg sangat responsif membantu mendonasikan dananya demi kegiatan tersebut.

Hal inilah yg semakin memberikan motivasi dan menguatkan semangat para Remaja majlis taklim miftahul jannah untuk lebih giat dlm menjalankan tugas dan amanah yg mulia ini.

Sehingga alhamdulillah dari tahun ketahun kegiatan tour rihlah Peduli yatim inipun semakin berkembang dengan antusias dukungan dan doa dari para pecinta dan penyayang serta penyantun para yatim.
dan dari setiap kegiatan yg sudah terlaksana setiap tahunnya ini dari sejak pertama tahun 2000 hingga saat ini ditahun yg ke 21 ( 2001 ) beragam destinasi tempat wisata telah kami kunjungi bersama para yatim dhuafa dan armalah… diantaranya :
wisata CIBODAS
wisata SARIATER SUBANG
wisata TAMAN MATAHARI
wisata CIWIDEUY BANDNG
dan tempat wisata lainya yg ada di jawa Barat khusunya di DKI jakarta. Selain berwisata . Kegiatan santunan yatim inipun semakin berkembang sesuai dengan saran dan harapan para anak” yatim dhuafa untuk mencari pengalaman dan merasakan indahnya wisata Menginap di Villa . alhamdulillah destinasi Villa yg pernah di ambangi diantaranya :
VILLA COKRO
VILLA NAVINA
VILLA CIBODAS
VILLA RR CISARUA
dan lain lainnya.

Berita Terkait  Jakarta Kota Tersehat di Dunia, Aneh Jika DPRD Halangi Anies Jual Saham Bir

dengan berjalanya waktu. Alhamdulillah kegiatan ini setiap tahun tetap berjalan . Terutama melalui tabliggh akbar dan Gebyar santunan kepedulian.

Sampai akhirnya 2 tahun belakangan ini adanya wabah COVID 19.. namun meskipun suasana masih korona tidak menyurutkan semangat kami para Remaja yg di dukung oleh keluarga besar para pendiri sesepuh majlis miftahul jannah. Untuk tetap mengadakan santunan peduli yatim dhuafa melalui pembagian SEMBAKO DAN UANG TUNAI kepada mereka. dg tetap memperhatikan PROKES.

didukung dengan sumberdaya Remaja yg dewasa maupun yg muda dan di bimbing oleh para keluarga sesepuh . Majlis taklim miftahul jannah semakin Solid dan kuat. Terutama dlm belajar mengaji dan ilmu agama. Yg sekarang ini berda di BASE CAMP dirumah kediaman bapak almarhum Hamdani bin samat / ibu HJ Nanan.
Bersinerginya antara orangtua kaum dewasa dan kaum muda ini. Semakin memberikan insfirasi positip dlm setiap kegiatan santuan ini.

Meski dlm suasana kelonggaran Ppkm saat ini pun kegiatan TOUR RIHLAH SANTUNAN YATIM PIATU DHUAFA.. tetap di laksanakan .
dimana ditahun yg ke 21 /2001 ini majlis taklim miftahul jannah mengadakan kegiatannya di VILLA PALEM TAMAN SAFARI. tentu dengan berbagai lomba dan acara yg membuat para yatimpiatu dhuafa bersukaria dan gembira. Tentunya dengan HADIAH HADIAH LOMBA DAN DORPRIZE yg luar biasa.

diantara HADIAH DAN DOORPRIZE setiap kali mengadakan santunan . Disetiap tahunya, Diantaranya berupa UANG TUNAI, KULKAS , TV LCD, HP, KIPAS ANGIN, RICE COOKER, SEPEDA KIPAS ANGIN RADIO TAFE, dan lain” bahkan CINCIN EMAS.
demi satu tujuan agar mereka para yatim oiatau dhuafa mersakan kegembiraan dan hati yg senang.

Tak terasa kini sudah menginjak di tahun yg ke 21. Kegitan tour rihlah santunan yatim piatu dhuafa dan armalah ini berjalan… bukanlah waktu yg singkat dan mudah untuk menapaki perjalanan panjang dari sebuah Kegiatan kepedulian sosial ini. Hanya sekedar komunitas majlis taklim yg bernama mifathul jannah. Ternyata mampu untuk memberikan kontribusi besar dlm mewarnai kegiatan kemasyarakatan.
dan memberikan kesan pesan positif agar kita slalu memiliki kepekaan sosial yg tinggi terutama kepda nasib yatim piatu dan orang” yg lemah dlm strata sosial.

Berita Terkait  Dukungan Kian Masif, Warga 'BCL' Kompak Dukung Pradi-Afifah

Sesuai dengan motto PEDULI DAN MENYANTUNI DARI KINI HINGGA AKHIR NANTI.

akhirnya dlm usia kegiatan yg panjang ini.. dengan segala KEBERHASILAN DAN KESUKSESAN yg telah di capai sampai ini… kami dari majlis taklim remaja miftahul jannan kalibata. Meyakini bahwa semua ini adalah Karunia nikmat ,pertolongan dan keberkahan serta ridho alloh swt. Dan didukung oleh para donatur dan dermawan pecinta yatim dhuafa yg senantiasa slalu memberikan bantuan Donasi Dana setiap tahunnya.
Serta para sesepuh dan pinisepuh dlm masyarakat dan keluarga besar majlis miftahuljannah yg telah memberikan arahan bimbingan dan dukungan moril materil.. sehingga gebyar acara kepedulian dan santunan ini tahun demi tahun berjalan dengan sukses dan lancar.

Hanya segala pujaan dan pujian serta rasa syukur keharibaan ilahi robbi alloh swt. Serta hatur hormat dan penuh rasa terimakasih yg sebesar besarnya atas segala partisipasinya tanpa terkecuali untuk semua mereka memberikan sumbangsih nya selama ini.
Dan memberikan kepercayaan dan amanah ini kepada keluarga besar majlis taklim miftahul jannah.

Semoga sgala yg di donasikan dan sumbangkan mendapatkan berkah dan ridho alloh swt. Di ijabah segala doa dan hajatnya. Slalu dlm berkah berlimpah serta rejeki yg bertambah dan mnjadi ladang amal sholeh dg kebaikan pahala yg berlipat ganda..amiin amiin yaa robbal ‘alamin

Selain daripada itu pula kamipun yakin bahwa dalam setiap kegiatan santunan tahunan ini . Pasti ada kehilapan, kesalahan, kekurangan dan ketidak sempurnaan dan munkin tidak memuaskan..jauh dari harapan.. maka kami mengucapkan hatur maaf dan ridho yg sebesar besarnya… dengan harapan yg tak pernah henti kepada alloh swt.. smg kegiatan kepedulian yg sangat mulia ini TETAP BERJALAN dan TERUS BERJALAN DARI KINI HINGGA AKHIR NANTI.

semoga alloh swt memberikan sehat wal afiat panjang umur serta. Kekuatan dan Keberkahan kepada seluruh keluarga besar MAJLIS TAKLIM REMAJA MIFTAHUL JANNAH agar dapat menjalankan tongkat estapet perjuangan para sesepuh dan pendiri demi melayani dan menjalankan kegiatan ini di tahun tahun yg akan datang…

Barokalloh fiikum.

Sumber: Ustadz Nizar Sholeh Pembina sekaligus Pengajar Majlis Taklim Miftahul Jannah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *