Mulai Kick Off, Liga 2 Siap Saingi Kasta Pertama Liga Indonesia

  • Bagikan

INDONESIAUPDATE.ID – Petinggi PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah berada di Kota Solo untuk meninjau kondisi dan kesiapan terakhir menjelang pembukaan Liga 2 2021. Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita dan Direktur operasional Sudjarno mengecek Stadion Manahan, Sabtu (25/9/2021).

Seperti diketahui, Stadion Manahan Solo selaku tuan rumah grup C akan menjadi venue pembukaan untuk pertandingan antara Persis Solo melawan PSG Pati, Minggu (26/9/2021). Kemudian dilanjutkan partai antara PSIM Yogyakarta kontra PSCS Cilacap. Dua tim lainnya adalah Persijap Jepara dan Hizbul Wathan.

“Liga 2 sudah dimulai besok (Minggu), setelah sudah melalui berbagai aspek, minimal delapan persyaratan untuk menjadi tuan rumah. Solo dan Stadion Manahan tentu sudah tidak diragukan lagi memang sangat siap menjadi venue pembukaan,” terang Direktur operasional PT LIB, Sudjarno saat dijumpai Bola.com.

Sementara tiga grup lainnya adalah Sriwijaya FC sebagai tuan rumah, PSPS Riau, KS Tiga Naga, Semen Padang, PSMS Medan, dan Babel United untuk grup A yang dipusatkan di Stadion Gelora Sriwijaya Palembang.

Sementara Grup B dihuni oleh Martapura Dewa United selaku tuan rumah, PSKC Cimahi, RANS Cilegon FC, Badak Lampung FC, Perserang Serang, dan Persekat Tegal. Grup B dipusatkan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Sedangkan Grup D Liga 2 diramaikan oleh Kalteng Putra yang berstatus tuan rumah, Persiba Balikpapan, Mitra Kukar, Sulut United, PSBS Biak, dan Persewar Waropen. Seluruh pertandingan di grup D dipusatkan di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya.

PT LIB melakukan pembagian grup Liga 2 juga melalui pertimbangan letak geografis tim peserta. Sementara untuk pelaksanaan putaran kedua babak penyisihan grup masih ada peluang berpindah atau tetap digelar sama seperti putaran pertama.

“Putaran kedua fleksibel dan dinamis, berdasarkan komunikasi dengan perkembangan PPKM Jawa-Bali. Kick-off di manahan dengan pertimbangan dari PSSI juga. Sambil berjalan akan ditentukan untuk putaran kedua, bisa tetap bisa juga pindah ke lokasi lain,” lanjut Sudjarno.

Berita Terkait  MUI Sebut COVID-19 Tidak Hentikan Sertifikasi Halal

“Sejauh ini kesiapan sudah siap dan disiarkan secara langsung. Jadi satu pekan penuh selalu ada pertandingan dengan adanya Liga 1 dan Liga 2, tiada hari tanpa sepak bola.

Sementara mengenai penyusunan jadwal pertandingan di Liga 2 tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan di Liga 1. Jadwal babak penyisihan grup di luar Jawa baru akan digelar awal Oktober mendatang. Dengan pertimbangan agar tim peserta dapat menyesuaikan diri karena jarak yang cukup jauh.

Hanya saja, informasi mengenai lokasi dan waktu pertandingan menyusul dua hari sebelum laga digelar. Sehingga operator kompetisi tinggal memberi informasi soal lokasi pertandingan. PT LIB segera merilis seluruh jadwal awal pekan depan.

Di sisi lain, animo kompetisi Liga 2 dirasa lebih semarak di tahun 2021 ini ketimbang musim-musim sebelumnya. Banyaknya publik figur yang ikut berkecimpung di klub, membuat daya tarik tersendiri bahwa kompetisi kasta kedua tidak kalah menarik.

“Untuk sponsor Liga 2 dalam tahap pembicaraan diskusi akhir. Jadi untuk laga pembuka besok belum. Melihat Liga 2 yang sedang marak ini, mulai banyak yang menjajaki. Termasuk yang belum pernah bersinggungan dengan sepak bola,” tutur Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (bola)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *