Peringatan Sumpah Pemuda dengan Kilas Balik Sejarah Pancasila dan Cara Menjaganya

  • Bagikan

INDONESIAUPDATE.ID – Secara Etimologis istilah pancasila berasal dari bahasa Sansekerta “Panca” Lima dan “Syila” sendi. Sehingga dapat diartikan sebagai lima aturan tingkah laku yang baik.

Pengertian Pancasila telah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit pada abad XIV. Istilah Pancasila terdapat pada buku Negarakertagama Karangan Empu Prapanca, dan buku Sutasoma karangan Empu Tantular. Dalam buku Sutasoma ini pengertian Pancasila di samping mempunyai arti “berbatu sendi yang lima” (dari bahsa Sansekerta) dia juga mempunyai arti pelaksanaan Kesusilaan yang lima.

Istilah Pancasila kemudian diangkat lagi oleh Soekarno saat merumuskan dasar negara Indonesia pasca kemerdekaan. Yang kemudian Pancasila disahkan pada tanggal 1 Juni 1945 pada sidang BPUPKI . Dalam perjalanannya Pancasila memiliki dinamika dan tantangan yang sangat banyak. Baik pada era reformasi ,orde lama ataupun orde baru . Berbagai masalah yang terjadi diantaranya adalah terorisme, diskriminasi bangsa, rusaknya  mental karena pengaruh luar, perpecahan, perang, tawuran, pembunuhan, pelecehan, kekerasan dan lain halnya.

Tentunya dengan banyaknya kasus kasus tersebut berati Pancasila belum sepenuhnya terealisasikan dengan baik dan benar. Masih banyak pelanggaran pelanggaran yang terjadi. Kita sebagai generasi penerus bangsa yang akan membangun bangsa seharusnya bisa mulai memperbaikinya.

Lantas hal hal apa saja yang harus kita lakukan untuk mempertahankan Pancasila?

1. Tentunya pertama dengan kesadaran diri masing  masing . setiap apa yang kita lakukan ,baik kewajiban dan hak pasti didasarkan dengan pengamalan nilai nilai pancasila.

2. Yang kedua adalah dengan menghargai dan menghormati sesama . karna jika tidak adanya toleransi,saling menghargai,dan menghormati bisa menimbulkan perpecahan yang bisa menghilangkan dan melunturkan nilai nilai Pancasila.

3. Yang ketiga adalah dengan Memilah budaya yang masuk. Banyaknya pulau dan interaksi dengan negara luar membuat banykanya budaya lain masuk ke Indonesia. Maka dari itu kita pelan pelan harus memilah mana yang sesuai dengan nilai pancasila ,.mana yang tidak sesuai. Pengaruh ajaran ajaran tidak baik bisa membuat seseorang menjadi bertindak diluar batas kemanusiaan.

Berita Terkait  Ronaldo Akan Tinggalkan Juventus, Pindah Ke Man City?

4. Yang keempat tentunya dengan bantuan pemerintah , yaitu penegakkan hukum yang adil dan benar. Pelanggaran pelanggaran yang terjadi harus di sanksi sesuai hukum yang berlaku.

5. Pembangunan dan penambahan akses pendidikan di Indonesia . dengan adanya pendidikan yang memadai dan fasilitas yang ada, semakin banyak pembentukan moral dan pembentukan perilaku untuk anak anak ,dan remaja . Pendidikan pancasila dan pemahamannya juga harus diterapkan, agar bisa lebih memahami pentingnya mempertahankan Dasar negara yang telah  menjadi Pribadi dan simbol negara Indonesia

Sebentar lagi peringatan Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober, sesuai dengan isi sumpah pemuda, satu tanah air, satu bahasa dan satu bangsa tersebut juga merupakan bagian dari Apa yang melatar belakangi terbentuknya Pancasila.

Berdasar pada kesatuan dan persatuan . maka dari itu Persatuan dan kesatuan harus terus ditingkatkan untuk mempertahankan Pancasila dan menjaga keutuhan negara.

*) Regita Rizda Veibrianty, mahasiswi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *