INDONESIAUPDATE.ID – Mahasiswa Komunikasi IPB University melaksanakan kegiatan IPB Goes toField 2021 di Desa Cihideung Ilir, Ciampea, Kab. Bogor, Rabu (3/11). Program inibertujuan membantu UMKM dalam me-rebranding produknya agar menjangkau pasaryang lebih luas terlebih setelah mengalami penurunan penjualan secara drastis akibatpandemi Covid-19.
UMKMCihilMandiriSejahteramerupakansasaranpengamatanmahasiswadalammendukung program LPPM IPB (Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat) yangdilaksanakan oleh tim IGTF 26. UMKM tersebut bergerak dalam bidang kuliner yangsaat ini sedang memproduksi camilan sehat, seperti cheese stick dan kerupuk yangberbahandasar ikan lele.
“CihilsudahmendapatkanlegalitasdariBPOMdanMUI,biasanyakamidapatmemproduksisembilanpuluhkilogramikanleledalamsebulan.Namun,semenjakpandemihinggasaatini,memproduksisatukilogramikanlelepuntidaksampai.Jadi,inibenar-benartantanganbagikalianuntukmembantuCihilbangkitkembali,”ujarIkmawati,pemilik UMKM Cihil Mandiri Sejahtera.
Olehkarenaitu,timmelakukanberbagaimacamresearchterkaitkemasandanlabelyanglebih menarik bagi masyarakat dalam rangka rebranding dan meningkatkan nilai jualprodukUMKMtersebutkarena,dayatariksuatuproduktidakterlepasdarikemasannya.
Selanjutnya, tim melakukan branding digital secara online melalui media massa, sosialmedia, dan e-commerce dengan beberapa tahap, seperti memodifikasi label kemasan,membaruikemasan,dankatalogfoto.Selainitu,timjugamengupayakanuntukmembuatkontendigital marketing, seperti review produk.
DiharapkandengandilaksanakannyakegiatanIPBGoestoFieldini,dapatmeningkatkannilai jual produk UMKM sekaligus meningkatkan brand awareness atau kesadaran darimasyarakatsekitar terhadap kehadiran UMKMdisekitarnya.