JABODETABEK

PKS Terima Usulan Program Pelatihan Ekraf

503
×

PKS Terima Usulan Program Pelatihan Ekraf

Sebarkan artikel ini

INDONESIAUPDATE.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna penyampaian laporan hasil reses pada bulan November 2021.

Salah satunya adalah laporan reses dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) yang telah mengadakan kegiatan temu masyarakat di Dapil (Daerah Pemilihan) masing-masing, dengan memperhatikan protokol kesehatan dan dilakukan sesuai daerah pemilihan (dapil) masing-masing anggota DPRD.

Dalam kegiatan reses tersebut, aspirasi yang disampaikan warga Depok dikelompokkan ke dalam urusan per komisi di DPRD. Komisi A mengenai pemerintahan, Komisi B pada bidang perekonomian dan keuangan, Komisi C di bidang pembangunan, serta Komisi D pada bidang kesejahteraan rakyat.

Aspirasi yang masuk di dalam urusan pada Komisi A antara Iain mengenai bantuan pembuatan KIA (Kartu Indonesia Anak), bantuan sarana WiFi, pelatihan pencegahan dan pemadaman kebakaran, pendidikan karakter pemuda dan organisasi karang taruna, penyuluhan bahaya narkoba dan Iain-lain.

Sementara itu aspirasi yang masuk terkait urusan di Komisi B antara Iain mengenai usulan program pelatihan ekonomi kreatif misalnya untuk oleh-oleh setu, pelatihan mijel, ekoenzim, pelatihan pembuatan proposal, bantuan sarana dan operasional pokdarwis, fasilitasi bazar UMKM, dan Iain-lain.

Harapan agar kegiatan bukan hanya pembangunan fisik infrastruktur tapi juga pelatihan dan pemberdayaan ekonomi warga yang terdampak pandemi covid, khususnya bagi para pemuda, karang taruna dan ibu-ibu, berupa kegiatan pelatihan, bantuan permodalan, bantuan peralatan produksi, bantuan pemasaran, dan Iainnya.

Sedangkan aspirasi yang masuk di Komisi C diantaranya mengenai usulan perbaikan jalan lingkungan, pembuatan dan perbaikan drainase atau saluran air, turap kali, normalisasi setu, penanganan sampah di kali dan TPS liar, perluasan RTH, pembangunan RTLH, pembangunan dan sarana posyandu dan posbindu, bantuan fisik PAUD, penambahan dan perbaikan PJU, penerangan Makam (TPU), pembuatan sumur resapan, penanganan masalah banjir, bantuan pembuatan shelter ojek online khususnya di area terminal Jatijajar, dan sebagainya.

Berita Terkait  Wali Kota Depok Tinjau Rumah Terdampak Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Untuk yang terakhir, aspirasi yang masuk terkait urusan di Komisi D antara lain mengenai bantuan tunai (BLT) dan bantuan sosial lain (KDS), penanganan masalah kesejahteraan sosial anak jalanan dan pengemis, pengamen anak Silver di jalanan, peningkatan kesejahteraan kader posyandu, PKK, Karang Taruna, majelis taklim, DKM Masjid, insentif guru TPA, pembangunan RKB, bantuan pembangunan Masjid dan Majelis Taklim, sarana mengaji, bantuan alat musik hadrah/marawis, bantuan soundsystem, bantuan alat olahraga, lapangan olahraga, bantuan komunitas senam/pokja sehat/majelis taklim, pengadaan ambulans tiap kelurahan/puskesmas, bantuan mobil siaga Rw, info Iowongan kerja disnaker.

Terkait aspirasi yang disampaikan oleh warga Depok pada Masa Reses tersebut, maka Fraksi Partai Keadilan Sejahtera memberikan rekomendasi salah satunya adalah diharapkan Pemkot Depok terus melakukan langkah-langkah pemulihan kondisi pasca pandemi Covid-19, baik dari aspek kesehatan, kesejahteraan sosial, maupun pemberdayaan ekonomi. Koordinasi dan kerjasama dengan berbagai elemen Swasta dan Masyarakat, Media dan sebagainya hendaknya terus dilakukan.

Yang kedua pembangunan infrastruktur dan lingkungan hidup masih menjadi aspirasi dan perhatian utama dari warga Depok, untuk itu kami meminta agar program perbaikan jalan dan jembatan, normalisasi saluran air, turap kali dan setu, serta pemeliharaan jalan-jalan lingkungan yang rusak, tetap dilanjutkan.

Penanganan potensi banjir dan genangan air mulai dari penanganan sampah di TPS liar dan sampah di aliran sungai, sampai dengan pembuatan sumur resapan yang menampung air tanah di lingkungan warga untuk kebutuhan jangka panjang, sesuai dengan Perda Kota Hijau.

Yang ketiga adalah perbaikan sarana ibadah (masjid, musholla, majelis taklim dan lainnya) dan juga peningkatan alokasi anggaran untuk kegiatan Majelis Taklim, PKK, Karang Taruna dan sebagainya, hendaknya dapat dilanjutkan dan terus ditingkatkan.

Berita Terkait  Wakil Wali Kota Depok Harap Bulan Dana PMI Capai Target

Untuk yang keempat Fraksi Partai Keadilan Sejahtera mengatakan selain permasalahan infrastruktur dan lingkungan hidup serta pelayanan dasar pendidikan dan kesehatan, penting diperhatikan program insentif perekonomian, termasuk bantuan untuk Koperasi dan UMKM, Pelatihan Wirausaha, Bantuan Permodalan dan Pemasaran Produk Depok, dan lainnya.

Demikian laporan kegiatan reses Fraksi Partai Keadilan Sejahtera dan sejumlah rekomendasi yang bisa disampaikan sehingga bisa dijalankan bersama-sama agar bermanfaat untuk warga Kota Depok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

senang303
sukses303
horus303
sboku99
spesial4d
amarta99
joinbet99