ALL SPORT

KONI Sulsel Tunjuk Wajo Tuan Rumah Porprov Sulsel XVIII 2026

278
×

KONI Sulsel Tunjuk Wajo Tuan Rumah Porprov Sulsel XVIII 2026

Sebarkan artikel ini

INDONESIAUPDATE.ID – Kabupaten Wajo mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Selatan (Porprov Sulsel) XVIII yang akan digelar pada 2026 mendatang.

Penunjukan ini sejalan keinginan dan target Bupati Wajo, Amran Mahmud, menjadikan Bumi Lamaddukelleng sebagai pelaksana hajatan olahraga akbar empat tahunan tingkat provinsi tersebut.

Saat pelepasan kontingen Wajo di Lapangan Merdeka Sengkang, pekan lalu, Amran telah meminta pihak terkait untuk belajar segala hal tentang pelaksanaan Porprov Sulsel XVII 2022 Sinjai-Bulukumba, 22-30 Oktober.

“Saya meminta agar Porprov Sulsel 2022 mesti kita manfaatkan untuk belajar, mengevaluasi apa yang mesti dibenahi, termasuk persiapannya. Sebab, tentu kita harus siap jika Porprov selanjutnya Wajo diizinkan menjadi tuan rumah,” kata¬†Amran.

Wajo menjadi tuan rumah Porprov Sulsel XVIII 2026 berdasarkan hasil rapat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel. Rapat digelar pada sela-sela pelaksanaan Porprov Sulsel XVII 2022.

“Rapat dihadiri (pengurus) 22 KONI kabupaten/kota. Ditetapkan Wajo sebagai tuan rumah Porprov XVIII,” kata Ketua KONI Sulsel, Yasir Mahmud, usai rapat di Sekretariat Panitia Pelaksana Porprov Sulsel XVII Sulsel 2022, Minggu (23/10/2022).

Yasir berharap Wajo bersiap sedari sekarang untuk menyukseskan pelaksanaan Porprov Sulsel XVIII 2026. “Harapan kami Wajo bisa mempersiapkan venue dan siap menerima cabor (cabang olahraga) yang akan dipertandingkan,” ucap Yasir.

Sementara, Ketua KONI Kabupaten Wajo, Muhammad Sayuti Mahmud mengaku bahwa dirinya bersama KONI Wajo siap berkolaborasi dengan pemkab Wajo. “Kita masih ada waktu 4 tahun untuk persiapan. Diharapkan bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik,” ucapnya.

Sebelumnya, ada beberapa kabupaten/kota mengajukan diri sebagai pelaksana Porprov Sulsel XVIII 2026, seperti Kabupaten Luwu Timur, Bone, dan Kota Palopo. Namun, Wajo dinilai paling komitmen dan serius hingga akhirnya ditunjuk menjadi tuan rumah.

Berita Terkait  Adnan Pesan Para Atlet Maksimalkan Berjuang Di Porprov

Sekadar informasi, pada gelaran Porprov Sulsel XVII Sulsel 2022 ini, kontingen Wajo beranggotakan 250 orang, terdiri atas atlet dan pelatih 204 orang serta panitia 46 orang.

Mengikuti 20 cabor, Wajo menargetkan masuk peringkat 10 besar. Peringkat ini jauh lebih baik ketimbang pada edisi sebelumnya di Kabupaten Pinrang.

Di Pinrang pada 2018 lalu–kala itu bernama Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI–Wajo bertengger di urutan 17 dari seluruh kabupaten/kota peserta dengan total koleksi 29 medali (6 emas, 6 perak, dan 17 perunggu.
(*/Sur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *