DAERAH

BPPW Jatim Selesaikan Proyek Peningkatan Kualitas Kumuh Kawasan Heritage Gresik

584
×

BPPW Jatim Selesaikan Proyek Peningkatan Kualitas Kumuh Kawasan Heritage Gresik

Sebarkan artikel ini
Jalan Basrah Kabupaten Gresik Jawa timur, menjelang malam hari tampak lampu hias menerangi trotoar jalan.

INDONESIAUPDATE.ID – Proyek peningkatan kualitas permukiman kumuh di kawasan Heritage Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa timur oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa timur, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah selesai.

Arif Susanto Proyek Manager PT Widya Satria, Jum’at (11/11/2022) mengatakan, bahwa pelaksanaan pekerjaan di lapangan sudah selesai. Semua jaringan utilitas mekanikal, jaringan PDAM ataupun kelistrikan sudah terkonekting, katanya

Rekyan Puruhita Sari, ST, M.sc pejabat pembuat komitmen ( PPK) Penataan Kualitas Permukiman Kumuh Pesisir timur Heritage Gresik menuturkan, penataan permukiman kumuh kawasan Heritage Gresik atau Gresik Kota Lama (GKL) tersebut, dimulai pada akhir Desember 2021 dan ditargetkan rampung pada pertengahan Nopember 2022.

Penataan Kawasan GKL tersebut meliputi, jalan Basuki Rahmad, jalan A.K.S Tubun, jalan Setia Budi, Jln. K.H Zubair, jalan Agus Salim, jalan Kramat Langon dan jalan Malik Ibrahim. Dan secara fisik sudah 99,9% tinggal menyisakan pekerjaan minor.

Jalan Basuki Rahmat (Basrah) Kabupaten Gresik Jawa timur tampak rapi dan bersih paskah direnovasi

Kawasan Basuki Rahmad (Basrah) merupakan jalur strategis dari kegiatan pembangunan tersebut, sebagai episentrum aktifitas masyarakat. Mulai dari permukiman, perkantoran, dan adanya PKL.

Kondisi saat ini, hampir setiap malam banyak masyarakat (kaum muda, tua, dan anak-anak) memanfaatkan untuk bercengkerama, kongkow-kongkow, bahkan berselfi. Minimnya fasilitas pendukung mulai dari bak sampah, rambu-rambu, penataan parkir, dan penurunan fungsi bangunan, dan signage, mengakibatkan banyak timbulan sampah dan parkir sepeda yang diparkir di trotoar.

Kedepan, yang paling urgen dari adanya penataan Gresik Kotalama adalah rekayasa lalu lintas, penataan parkir, penghijauan, perlindungan bangunan cagar budaya, system persampahan, dan penertiban PKL serta aksi vandalism di permukiman kotalama. Sosialisasi dan pendekatan dari OPD terkait perlu digiatkan. Pelibatan semua elemen masyarakat dalam merawat dan menjaga lingkungan terus ditingkatkan dan digaungkan.
Optimalisasi terhadap pudak gallery sebagai pusat informasi wisatawan dan moda transportasi yang akan mengantar wisatawan masih menjadi PR ke depannya, ujar Rekyan.

Berita Terkait  Tangkap Pelaku Persekusi, KJJT Kecam Tindakan Arogansi dan Intimidasi Terhadap Jurnalis

Pantauan di lapangan, Jum’at (11/11) proyek peningkatan kualitas permukiman kumuh di kawasan Heritage Gresik, Jawa timur yang sempat mengalami beberapa kali adendum waktu tersebut, akhirnya rampung.

Jalan Basuki Rahmat (Basrah) merupakan ikon Gresik Kota Lama, yang sebelumnya sempit dan kumuh, kini tampak bagus dan indah setelah trotoarnya dilebarkan menjadi 7 – 8,5 meter sisi kanan dan kiri dengan granit bermotifkan eropa dilengkapi kursi dan lampu hias menambah krasan pengunjung yang lagi santai di malam hari.

Diperoleh informasi, pada proses lelang paket pekerjaan peningkatan kualitas permukiman kumuh kawasan Heritage Gresik, Jawa timur senilai Rp.47,9 milyar tersebut, diikuti oleh 268 perusahaan jasa kontruksi dalam negeri.

Dalam perjalanan proses tender tersebut, perusahaan jasa kontruksi yang terpilih sebagai pemenang pada paket pekerjaan peningkatan kualitas permukiman kumuh kawasan Heritage Gresik, Jawa timur tersebut, adalah PT. Widya Satria yang berkantor di Ketinggian Permai Surabaya, Jawa timur dengan harga terkoreksi sebesar Rp.38, 3 milyar.

(Hadi Martono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *