HEADLINESNASIONAL

Kementan Pacu Perakitan Varietas Unggul Komparatif dan Bernilai EKonomi Tinggi

399
×

Kementan Pacu Perakitan Varietas Unggul Komparatif dan Bernilai EKonomi Tinggi

Sebarkan artikel ini

INDONESIAUPDATE.ID – Program pemuliaan menjadi kunci keberhasilan upaya menghasilkan varietas unggul baru. Tren pemuliaan saat ini tidak lagi melulu fokus pada produktivitas tinggi, namun lebih kepada keunggulan spesifik lokasi dan bahan pangan fungsional. Patut dicermati pula adanya pergeseran preferensi konsumen, khususnya untuk komoditas hortikultura.

Keunggulan spesifik lokasi yang diharapkan dewasa ini antara lain toleransi terhadap lingkungan abiotik maupun biotik. Sementara untuk bahan pangan fungsional diarahkan pada kandungan antosianin, zinc, zat besi, beta karoten, dan protein.

Sebagai dukungan terhadap program Pemerintah dalam meningkatkan produksi pangan nasional, Kementerian Pertanian melalui Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) terus mendorong penyelenggara pemuliaan untuk melakukan perakitan varietas unggul baru. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan telah meminta agar pemulia selalu melakukan inovasi dan kreatif sehingga didapatkan varietas unggul baru yang lebih adaptif terhadap perubahan iklim.

Menurut Kepala Pusat PVTPP, Leli Nuryati, pemulia dan peneliti di balai-balai penelitian pemerintah maupun swasta dituntut lebih aktif merakit varietas dengan keunggulan komparatif. “Penyelenggara pemuliaan harus berinovasi menghasilkan varietas unggul yang adaptif terhadap perubahan iklim global,” urainya saat membuka webinar tentang Teknik Penyusunan Laporan Hasil Pengujian (Proposal) Pelepasan Varietas di Bogor, Selasa (11/4).

Narasumber pada kegiatan ini adalah para pakar pemuliaan yang juga anggota Tim Penilai Varietas, antara lain Prof. M. Azrai (pemulia jagung), Prof. Dr. Sobir (peneliti Faperta IPB University), dan Dr. Ir. Rasidin Azwar. Delapan ratus enam puluh peserta yang hadir secara daring maupun luring aktif menyimak dan berdiskusi pada acara tersebut.

Kesimpulan dari materi narasumber adalah proposal pelepasan varietas merupakan gambaran secara menyeluruh terhadap proses pengujian varietas, mulai dari tujuan perakitan, metodologi, hingga pembahasan, dan data dukung. Proposal ini kemudian akan dievaluasi oleh Tim Penilai masing-masing komoditas. Kaidah pelepasan berlaku untuk masing-masing komoditas, sehingga perlu dicermati dengan baik Standard Operating Procedure (SOP)-nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

senang303
sukses303
horus303
sboku99
spesial4d
amarta99
joinbet99