LIFESTYLEHEADLINES

Asam Lambung? Berikut Rekomendasi Makanannya

282
×

Asam Lambung? Berikut Rekomendasi Makanannya

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi/Pexels

INDONESIAUPDATE.ID – Penyakit asam lambung merupakan penyakit yang cukup membuat kita kerepotan dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Jika salah dalam memilih asupan makanan yang kita makan bisa-bisa malah membuat fatal dan akan menambah sakit lambung.

Penderita asam lambung wajib menjaga pola makan agar asam lambung tidak naik. Karena ada beberapa makanan yang menyebabkan asam lambung naik.

Dilansir dari situs Oesophageal and Gastric Cancer Support, berikut sederet lauk pauk bagi penderita asam lambung antara lain:

Menu Sarapan

1. Telur Rebus

Lauk pauk untuk penderita asam lambung yang cocok dimakan saat sarapan adalah telur rebus. Selain baik untuk asam lambung, makanan ini juga baik untuk program diet.

Telur rebus mungkin kurang mengenyangkan, tapi cukup untuk memberikan kamu nutrisi di pagi hari. Untuk melengkapi, kamu bisa yoghurt rendah lemak dan apel yang akan membuatmu lebih kenyang tanpa takut asam lambung kambuh dan gemuk.

2. Oatmeal Tawar

Pilihan lainnya adalah oatmeal tawar dengan air atau susu bebas lemak, tanpa gula. Tambahkan irisan pisang dan buah beri untuk menambah rasa.

Menu Makan Siang

3. Salad Tuna

Salad tuna bisa menjadi lauk yang nikmat di siang hari. Salad ini boleh diaduk dengan ½ cangkir yogurt tawar tanpa lemak, sentuhan mustard, dan seledri cincang halus. Atau bisa juga kamu tambahkan bayam, kangkung, dan tauge.

4. Kalkun

Kalkun bisa jadi makanan lezat di siang hari tanpa takut asam lambung naik. Saat memasaknya jangan lupa gunakan bahan pelengkap bebas lemak. Agar lebih memiliki rasa, tambahkan saus saus cranberry.

5. Ubi

Ubi jalar mengandung karbohidrat yang rasanya nikmat tanpa perlu pemanis. Masak ubi tersebut dengan dikukus, rebus, atau menggunakan microwave untuk menghindari minyak. Tambahkan beberapa potong wortel untuk porsi sayuran.

Berita Terkait  Catat Moms! Ini Makanan yang Dapat Membantu Proses Pemulihan Luka Caesar

6. Sup Sayur

Tak hanya salad, kamu bisa mengkonsumsi sup sayur tanpa pemicu asam lambung, seperti paprika, tomat, lobak, mentimun, buah jeruk, bawang bombay, saus berlemak, cuka, atau saus berbahan dasar jeruk.

Cobalah sayuran seperti kangkung, bayam, selada, kacang polong, brokoli, wortel. Gunakan daging tanpa lemak, seperti dada ayam, kalkun, ikan tanpa lemak, atau udang.

Menu Makan Malam

7. Tumis Jamur dan Dada Ayam

Untuk menu makan malam, kamu bisa makan lauk tumis jamur dan dada ayam. Sebagai karbohidrat, gunakan nasi, campur wortel. Porsi untuk makan malam ini tak perlu banyak dan bumbunya juga tak perlu banyak, serta hindari minyak.

8. Ayam dan Asparagus Panggang

Pilihan lainnya, kamu bisa makan ayam panggang dan asparagus panggang. Tambahkan sedikit kentang atau ubi jalar sebagai karbohidrat. Jangan lupa kupas kulit ayamnya dan ambil dada. Pastikan untuk menambahkan sayuran.

9. Mie Zucchini dan Udang

Sebagai ganti pasta biasa, pilihlah pasta sayuran atau mi zucchini. Beri bumbu sedikit dengan sedikit minyak rendah lemak, kemangi, dan rempah-rempah. Kamu bisa tambahkan sekitar 3 ons udang rebus atau panggang.

10. Steak Tanpa Lemak dan Bayam

Terakhir, kamu bisa makan steak tanpa lemak. Pastikan pilih daging sapi giling sirloin tanpa lemak (98 persen tanpa lemak) atau steak sirloin. Dalam proses memasaknya, jangan tambahkan mentega atau minyak. Saat menghidangkan, tambahkan bayam mentah atau nasi merah untuk karbohidrat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

senang303
sukses303
horus303
sboku99
spesial4d
amarta99
joinbet99