LIFESTYLEHEADLINES

Ini Khasiat Teh Jagung bagi Kesehatan

304
×

Ini Khasiat Teh Jagung bagi Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi/Pexels

INDONESIAUPDATE.ID – Teh jagung atau oksusu cha merupakan minuman teh tradisional dari Korea yang terbuat dari biji jagung, sutra jagung, atau kombinasi keduanya.

Teh ini sangat baik bagi kesehatan karena tidak mengandung kafein, dan dibuat dengan cara mengeringkan biji jagung yang kemudian disangrai hingga berwarna coklat keemasan.

Biji jagung direbus bersama air selama 20-30 menit dengan api kecil, kemudian disaring, dan biji jagungnya dibuang. Jadilah teh jagung! Minuman ini memiliki cita rasa yang unik sebab proses pemanggangan jagung membuatnya menjadi lebih manis dan terkaramelisasi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet khasiat teh jagung bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Baik untuk Diet

Manfaat teh jagung yang pertama adalah baik untuk diet. Bagi anda yang sedang diet, minum teh jagung adalah pilihan yang sangat baik karena teh ini rendah kalori dan banyak mengandung serat.

Serat makanan larut juga akan menghindarkan Anda dari masalah sembelit. Teh jagung juga membantu memperlancar sistem pencernaan dan mengikis penumpukan lemak di tubuh. Hal ini dikarenakan sekresi empedu berlangsung lebih cepat.

2. Miliki Kandungan Potasium dan Zat Besi

Manfaat teh jagung yang kedua terdapat dalam kandungan potasium dan zat besinya. Potasium memiliki efek diuretik yang dapat mencegah pembengkakan. Sedangkan zat besi baik untuk mengatasi masalah anemia.

Hal ini membuat teh jagung berada dalam daftar minuman yang baik untuk kesehatan dan patut untuk dikonsumsi sehari-hari.

3. Kontrol Tekanan Darah

Manfaat teh jagung yang ketiga adalah untuk membantu mengontrol dan menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Dalam pengobatan tradisional Korea, oksusu cha atau teh jagung dapat mengobati tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit ginjal.

Berita Terkait  Catat! Ini Manfaat Susu Skim bagi Kesehatan Tubuh

Untuk kandungan nutrisinya saja, secangkir biji jagung mentah mengandung 14 persen kebutuhan vitamin C harian tubuh. Jagung juga mengandung 11 persen dari kebutuhan tubuh akan vitamin B6 dan 12 persen dari kebutuhan folat tubuh.

4. Kurangi Kadar Racun

Manfaat teh jagung yang ke empat adalah untuk membantu mengurangi kadar racun dalam tubuh. Diketahui, teh jagung dapat meningkatkan produksi urine menurut ulasan di jurnal Molekul pada tahun 2012.

Produksi urine yang meningkat berarti racun dalam tubuh akan berkurang. Namun, jika tidak tahu berapa banyak kadar jagung yang ada dalam secangkir teh, disarankan untuk berhati-hati dan jangan terlalu banyak mengonsumsinya sampai Anda tahu sejauh mana tubuh bisa menerima asupan teh jagung ini.

5. Cegah Masalah Ginjal

Manfaat teh jagung yang kelima adalah untuk membantu mencegah masalah ginjal. Ya, ternyata konsumsi teh jagung juga mampu mencegah masalah pada ginjal Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

senang303
sukses303
horus303
sboku99
spesial4d
amarta99
joinbet99