NASIONAL

Dosen dan Mahasiswa Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pakuan Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Konsep Penataan Infrastruktur Lingkungan Berkelanjutan Berbasis Komunitas

314
×

Dosen dan Mahasiswa Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pakuan Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Konsep Penataan Infrastruktur Lingkungan Berkelanjutan Berbasis Komunitas

Sebarkan artikel ini

Oleh: Dr. Ruchyat Deni Djakapermana, M.Eng, Dr. Ir. Umar Mansyur. M.T. dan Arif Wicaksono, Ph.D.*

Pada tanggal 23 November 2023, dosen dan mahasiswa Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pakuan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Konsep Penataan Infrastruktur Lingkungan Berkelanjutan Berbasis Komunitas di Kantor Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor.

Acara FGD ini adalah bagian dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dosen dan mahasiswa Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pakuan Tahun 2023. Acara FGD juga dihadiri oleh Lurah Tegallega, Ketua LPM Kelurahan Tegallega, dan Ketua RW.

Selanjutnya dilakukan survai lapangan oleh mahasiswa untuk mengidentifikasi kondisi permasalahan infrastruktur di RW 04 dan RW 07 Kelurahan Tegallega.

Kegiatan PKM ini terdiri dari tiga tahap, yaitu; (1) Memetakan Permasalahan Pelayanan Infrastruktur Lingkungan di dua RW, (2) Menganalisis kinerja pemanfaatan & pemeliharaan infrastruktur, dan (3) Menyusun konsep penataan infrastruktur lingkungan terpadu.

Pada tahap pertama, pemetaan masalah pelayanan infrastruktur lingkungan di dua RW dilaksanakan melalui FGD dan survai lapangan. Sedangkan pada tahap kedua, yaitu analisis kinerja pemanfaatan dan pemeliharaan infrastruktur dilakukan oleh dosen dan mahasiswa di studio MPWK Universitas Pakuan.

Tahap ketiga pengabdian kepada masyarakat ini adalah  membuat peta usulan desain penyediaan dan pengelolaan infrastruktur lingkungan permukiman di RW 04 dan RW 07 Kelurahan Tegallega.

Hasil dari PKM ini disosialisasikan melalui Seminar Nasional PLANOLIS di Universitas Islam Bandung pada tanggal 6 Februari 2024 untuk mendapatkan umpan balik penyempurnaan usulan desain penyediaan dan pengelolaan infrastruktur lingkungan permukiman.

Dimana salah satu masukan dari seminar nasional ini adalah perlu dipikirkan agar konsep desain infrastruktur yang diusulkan juga memasukkan tentang pemeliharaan dan perbaikan serta penambahan atau pembangunan baru infrastrukturnya.

Berita Terkait  Kementan Bersama Pemda Sulawesi Selatan Siap Dukung dan Sukseskan PRA-PENAS 2022

Lurah Tegallega menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada dosen dan mahasiswa Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pakuan yang telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Tegallega dan berharap kegiatan ini bisa dilanjutkan di masa yang akan datang.

*Dosen Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Pakuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

senang303
sukses303
horus303
sboku99
spesial4d
amarta99
joinbet99