WISATA

Suaka Elang Loji: Destinasi Wisata dan Edukasi yang Memukau

265
×

Suaka Elang Loji: Destinasi Wisata dan Edukasi yang Memukau

Sebarkan artikel ini
ist/detikcom

Salah satu kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat adalah eksplorasi alam. Eksplorasi alam dapat memberikan pengalaman yang berkesan, pengetahuan yang luas, dan kesadaran yang tinggi terhadap lingkungan. Indonesia memiliki banyak tempat yang cocok untuk melakukan eksplorasi alam, salah satunya adalah Suaka Elang Loji.

Suaka Elang Loji adalah objek wisata sekaligus edukasi berbasis konservasi yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Objek wisata ini menawarkan keindahan alam yang masih alami, fasilitas yang menarik, dan ilmu tentang biodiversitas, khususnya tentang burung elang yang dilindungi.

Aksesibilitas Pengunjung

Untuk mencapai Suaka Elang Loji, pengunjung dapat menggunakan berbagai pilihan moda transportasi, baik kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Suaka Elang Loji terletak di Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jarak dari Kota Bogor ke Suaka Elang Loji sekitar 25 kilometer, dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar satu jam dengan kendaraan pribadi. Rute yang dapat diambil adalah melalui Jalan Raya Bogor-Sukabumi, kemudian belok ke kanan di Jalan Raya Cigombong, lalu belok ke kiri di Jalan Raya Ciburayut, dan terus mengikuti petunjuk arah menuju Suaka Elang Loji.

Bagi pengunjung yang menggunakan transportasi umum, rute pertama yang dapat diambil adalah dengan naik commuter line dari Jakarta atau kota lainnya, dan turun di Stasiun Bogor. Setelah itu, pengunjung dapat naik angkutan kota (angkot) bernomor 02 yang berwarna hijau, dan turun di Stasiun Batutulis.

Selanjutnya, pengunjung dapat naik angkot bernomor 04 yang berwarna biru, dan turun di Pasar Cigombong. Dari Pasar Cigombong, pengunjung dapat naik ojek atau sepeda motor yang disewakan, dan tiba di Suaka Elang Loji. Rute kedua yang dapat diambil adalah dengan naik bus jurusan Bogor-Sukabumi, dan turun di Terminal Cigombong. Dari Terminal Cigombong, pengunjung dapat naik ojek atau sepeda motor yang disewakan, dan tiba di Suaka Elang Loji.

Berita Terkait  Mengintip Keindahan Wisata Bahari Teluk Saleh

Pilihan moda transportasi yang beragam ini memberikan kemudahan akses bagi pengunjung yang ingin mengunjungi Suaka Elang Loji. Dengan adanya opsi transportasi umum maupun penggunaan kendaraan pribadi, pengunjung dapat memilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka. Namun, perlu diperhatikan bahwa jalan menuju Suaka Elang Loji cukup berliku dan menanjak, sehingga pengunjung harus berhati-hati dan memastikan kondisi kendaraan yang baik. Selain itu, pengunjung juga harus memperhatikan cuaca dan musim, karena pada musim hujan, jalan menuju Suaka Elang Loji dapat licin dan berlumpur.

Fasilitas Suaka Elang Loji

Objek wisata Suaka Elang Loji memiliki beberapa fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung diantaranya adalah jembatan gantung, yang merupakan salah satu fasilitas yang paling menarik di Suaka Elang Loji. Pengunjung dapat melihat pemandangan alam yang luar biasa, seperti sungai dan pepohonan.

Jembatan ini juga merupakan spot foto favorit bagi pengunjung. Jembatan ini dibangun dengan konstruksi yang kuat dan aman, menggunakan material baja sling untuk tali pengikatnya, dan kayu untuk lantainya. Namun, pengunjung tetap harus berhati-hati dan mengikuti aturan yang berlaku saat menyeberangi jembatan ini, seperti tidak berlari, tidak bergerak-gerak, dan tidak menoleh ke bawah.

Fasilitas yang kedua adalah bumi perkemahan. Fasilitas yang cocok bagi pengunjung yang ingin merasakan suasana alam yang nyata dan menyatu dengan alam. Pengunjung dapat berkemah atau bermalam di area perkemahan yang telah disediakan oleh pengelola Suaka Elang Loji.

Terakhir, dan menjadi fasilitas utama di Suaka Elang Loji adalah Raptor Sanctuary, tempat penangkaran, perawatan, dan pelepasliaran burung elang yang sakit, terluka, atau diselamatkan dari perdagangan ilegal. Namun, tempat rehabilitasi dan penangkaran elang tidak dapat dikunjungi oleh sembarang pengunjung, karena tempat tersebut harus selalu dalam keadaan steril.

Berita Terkait  Destinasi Desa Wisata di Bali Anti Main-Stream yang Wajib Kamu Kunjungi

Mengunjungi Suaka Elang Loji dapat memberikan banyak manfaat bagi pengunjung, di antaranya adalah menambah pengetahuan dan kesadaran tentang burung elang dan konservasi, menikmati keindahan dan kesegaran alam, meningkatkan kesehatan dan kebugaran, karena pengunjung harus berjalan kaki atau melakukan trekking melalui jalan setapak dan mendaki kawasan bukit dari lapangan parkir atau pintu masuk. Suaka Elang Loji adalah destinasi wisata dan edukasi yang menarik dan bermanfaat untuk dikunjungi, melihat banyaknya manfaat yang diperoleh pengunjung. (mg/ina/ed)

*Artikel berita ini ditulis oleh Siti Sakinah, Kontributor Indonesia Update. Penulis adalah Mahasiswa Program Keahlian Komunikasi Sekolah Vokasi IPB University

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

senang303
sukses303
horus303
sboku99
spesial4d
amarta99
joinbet99