LIFESTYLE

Wajib Tahu! Ini yang Bikin Ponsel Kamu Antilemot

459
×

Wajib Tahu! Ini yang Bikin Ponsel Kamu Antilemot

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi/Istock

INDONESIAUPDATE.ID – Sebagai pendukung aktivitas digital, smartphone harus mempunyai performa prima untuk digunakan dalam berbagai situasi. Performa smartphone untuk menjalankan berbagai aplikasi pun, kian erat dengan komponen perangkat keras (hardware) yang tersemat di dalamnya.

Setiap komponen yang ada memiliki peranan masing-masing untuk membuat smartphone terasa ‘enteng’ ketika digunakan. Oleh karena itu, penting sekali untuk memperhatikan hal-hal apa saja yang bisa mempengaruhi performa tersebut.

Biar ponsel terasa lancar, yuk lihat beberapa komponen hardware yang bikin ponsel anti-lemot dilansir dari berbagai sumber.

Layar

Kebanyakan ponsel saat ini sudah menggunakan layar dengan refresh rate tinggi. Display dengan refresh rate tinggi ini, akan membuat animasi dan konten yang ditampilkan terlihat mulus serta tajam, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna.


Saat ini, rata-rata ponsel sudah menggunakan layar 120 Hz. Layar dengan refresh rate 120 Hz memiliki kinerja 33% lebih cepat ketimbang layar 90 Hz. scrolling konten di media sosial dan bermain game pun akan terlihat lebih lancar dan mulus.

RAM

Random Access Memory (RAM) berfungsi untuk mendukung kegiatan multitasking pengguna. Ketika menggunakan aplikasi ponsel dalam jumlah banyak, sumber daya dari RAM inilah yang digunakan sehingga membuat ponsel nggak lemot.

Oleh karena itu, semakin besar kapasitas RAM yang digunakan maka akan membantu ponsel terasa lebih ‘enteng’ saat digunakan. Ponsel-ponsel kekinian pun sudah disematkan RAM kapasitas jumbo.

ROM

Read Only Memory (ROM) berfungsi untuk menyimpan berbagai data di dalam smartphone, seperti foto, video, hingga aplikasi. ROM pun juga dapat mempengaruhi kinerja smartphone karena dengan semakin sedikitnya ruang penyimpanan maka aplikasi sistem ponsel yang ada tidak dapat berjalan dengan baik.

Jadi penting bagi smartphone untuk memiliki ROM penyimpanan besar sehingga bisa menyimpan banyak data dan tidak membuat ponsel ‘berat’ saat digunakan.

SOC

Berita Terkait  Keren! Rekomendasi Laptop Lenovo Touchscreen dengan Spek Gahar

System on a Chip (SoC) merupakan sistem pemrosesan lengkap di dalam smartphone. Biasanya SoC terdiri beberapa komponen, seperti Central Processing Unit (CPU), Graphic Processing Unit (GPU), Modem, dan komponen penting lainnya.

Seluruh komponen tersebut bersinergi untuk menjadi ‘otak’ dari smartphone. Adapun Chipset yang digunakan saat ini terus berkembang untuk meningkatkan performa dari ponsel yang menggunakannya seperti seri Exynos. (detik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

senang303
sukses303
horus303
sboku99
spesial4d
amarta99
joinbet99