Program Insentif Siswa Berprestasi Pradi-Afifah, Dari Kuota Sampai Beasiswa Sekolah Elite

  • Bagikan

INDONESIAUPDATE.ID – Insentif bagi siswa berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik akan diberikan bagi siswa di Kota Depok. Insentif ditujukan bagi siswa Depok mulai dari tingkat sekolah dasar hingga mahasiswa.

Insentif siswa berprestasi yang masuk dalam 10 program kerja calon wali kota dan wakil wali kota Depok, Pradi Supriatna-Afifah Aliah ini, bertujuan untuk memberikan motivasi siswa untuk menggali potensi diri, untuk masa depan mereka.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Ikravani Hilman menjelaskan, insentif ini untuk semua siswa di Depok yang berprestasi. Banyak siswa Depok yang prestasinya di Nasional hingga Internasional.

Insentif ini juga mengutamakan bagi siswa tidak mampu. Terkadang, beasiswa hanya diberikan untuk SPP saja. Sedangkan fasilitas penunjang seperti seragam, buku, sepatu dan lain-lain tidak diberikan.

“Kemudian hal-hal tersebut yang bikin mandek siswa dalam mengenyam pendidikan. Dimana siswa butuh prasarana tersebut untuk penunjang mereka di sekolah,” kata Ikra, sapaannya, Minggu (1/11).

Nantinya, lanjut Ikra, akan dibuat seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP). Pihaknya juga akan memfasilitasi untuk sekolah yang terdekat bagi siswa dari rumah.

Saat ini memang pendidikan bagi siswa baru, berdasarkan zonasi. Namun, yang terjadi dilapangan adalah masih banyak siswa tidak dapat bersekolah, yang dekat dengan rumah, khususnya di negeri.

“Sebenarnya tidak masalah jika siswa bersekolah diswasta, namun harus ada jaminan bahwa sekolah swasta dibantu Pemkot Depok untuk mengakomodir siswa miskin khususnya,” jelas Ikra.

Pihaknya sangat memberi perhatian bagi siswa miskin yang tidak dapat bersekolah di sekolah swasta.

“Kami bicara sekolah swasta yang bagus ya, di Depok banyak sekolah swasta bagus dengan bayaran SPP yang fantastis. Kenapa siswa miskin tidak bisa bersekolah disana, dengan bantuan dan fasilitas yang diberikan pemkot nantinya, mereka bisa merasakan sekolah swasta yang bagus di Depok,”

Berita Terkait  GAMM Targetkan Kemenangan 70 % Suara Milenial Untuk Idris-IBH

“Karena banyak siswa miskin yang memiliki potensi tersebut, namun terhalang biaya,” ucapnya.

Mengenyam pendidikan di sekolah yang memiliki prestasi baik, akan tertanam bagi siswa untuk masa depannya. Karena menurutnya, mobilitas sosial tidak hanya milik sosial menengah saja.

Mobilitas sosial asumsinya bekal utama pendidikan, dengan guru dan lingkungan sekolah yang baik.

Masalah yang ada sekarang adalah jomplangnya sekolah negeri dan swasta. Pemkot harus bisa mengintervensk sekolah swasta untuk memberiksn kuota bagi siswa miskin.

“Siswa miskin pasti ingin sekolah di sekolah swasta yang bonafit di Depok. Kami akan coba fasilitasi itu, jika Pradi-Afifah menang nanti,” kata Ikra.

Anggota Komisi A DPRD Depok ini melanjutkan, Pradi-Afifah nanti akan memudahkan jalur prestasi bagi siswa. Akan ada banyak kemudahan dalam mekanisme, artinya tidak dipersulit. Dan semua mekanisme berjalan melalui sistem online, tidak dengan orangtua yang harus bolak balik ke kantor Dinas Pendidikan (Disdik).

“Zaman sudah canggih, semua serba online. Jadi enggak ada lagi orangtua bolak balik untuk urusan berkas. Kita pertegas saja teknisnys, harus ada kepemimpinan politik yang tegas untuk membereskan birokrasi,” tutup Ikra.(mia/WD)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *