Ujicoba Lawan Afghanistan jadi Debut Sesungguhnya Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

  • Bagikan
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (Foto: dok. PSSI)

INDONESIAUPDATE.ID – Timnas Indonesia akan menghadapi Afghanistan dalam laga uji coba yang rencananya di Lapangan Jebel Ali Centre of Excellence, Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (25/5/2021). Laga ini akan menandai debut pelatih Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia senior.

Shin Tae-yong sudah ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia sejak Desember 2019. Namun, pelatih asal Korea Selatan itu lebih banyak bertugas di Timnas kelompok umur semisal U-19 dan U-22.

Hal itu dikarenakan tidak adanya agenda Timnas Indonesia. Pandemi COVID-19 membuat laga sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF yang sejatinya digelar Desember 2020 mengalami penundaan.

Jadi, laga uji coba ini akan menjadi yang pertama buat Shin Tae-yong bertugas dalam laga resmi di Timnas Indonesia. Meskipun laga ini tak masuk hitungan poin FIFA, tetap saja publik bakal mengukur kepantasan Shin Tae-yong.

Jelang laga nanti, Shin Tae-yong memastikan kondisi anak asuhnya sangat baik. Shin Tae-yong ingin agar para pemain mampu menunjukkan kemampuan maksimal untuk meraih kemenangan.

“Saya tegaskan tadi, pemain harus terus fokus dan konsentrasi penuh, mulai dari latihan hingga pertandingan nanti. Tidak boleh main-main. Harus sungguh-sungguh,” tegas Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong diprediksi mengandalkan skema 4-4-2. Witan Sulaeman dan Osvaldo Haay bakal mendukung serangan dari sektor sayap untuk membantu Muhammad Rafli dan Saddam Gaffar dalam mencetak gol.

Laga ini juga akan mencetak rekor buat masing-masing tim. Ini menjadi kali pertama Timnas Indonesia berjumpa Afghanistan dalam pertandingan sepak bola sepanjang sejarah.

Misi Tersembunyi Afghanistan

Sebanyak 30 pemain Afghanistan nantinya akan dikerucutkan menjadi 26 pemain menjelang duel persahabatan melawan Timnas Indonesia dan Singapura. (dok. AFF)

Berita Terkait  Timnas Indonesia Berhasil Tahan Imbang Thailand Pada Laga Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022

Laga uji coba melawan Timnas Indonesia menjadi pertandingan pertama yang dilakoni Afghanistan pada 2021. Pasukan Anoush Dastgir mengusung misi khusus dalam laga nanti.

Afghanistan ingin mengukur kesiapan para pemainnya sebelum bertempur di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Secara matematis, Afghanistan memang masih punya peluang untuk melaju ke babak selanjutnya.

Dalam lima laga, Afghanistan meraih sekali kemenangan, sekali imbang, dan tiga kali kalah. Afghanistan saat ini berada di peringkat ketiga dengan raihan empat poin.

Pelatih Anoush Dastgir akan melakukan sejumlah skema dalam laga nanti. Berhubung laga tak masuk hitungan FIFA Matchday, jadi bakal memungkinkan Anoush Dastgir memainkan banyak pemain untuk mendukung skenario dalam pertandingan

Afghanistan diyakini masih akan mengandalkan skema 4-2-3-1. Faysal Shayesteh dan Farshad Noor akan menyokong pergerakan Omran Haydary sebagai ujung tombak.

Prediksi Susunan Pemain

Timnas Indonesia (4-4-2): Nadeo Argawinata (kiper), Koko Ari, Ryuji Utomo, Andy Setyo, Pratama Arhan (belakang), Ady Setiawan, Evan Dimas, Witan Sulaeman, Osvaldo Haay (tengah), Muhammad Rafli, Saddam Gaffar (depan)

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Afghanistan (4-3-3): Ovays Azizi (kiper), David Najem, Zohib Islam, Zelfy Nazary, Sharif Mukhammad (belakang), Adam Najem, Noor Husin, Milad Intezar (tengah), Faysal Shayesteh, Farshad Noor, Omran Haydary (depan)

Pelatih: Anoush Dastgir (Afghanistan)

(bola)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *