HUT RI, Pemkab Ciamis Luncurkan SILACI

  • Bagikan

INDONESIAUPDATE.ID – Bertepatan dengan Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 RI, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra meluncurkan aplikasi Aplikasi Sistem Informasi Lapas Ciamis (SILACI) bertempat di Aula Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Ciamis, kemarin.

Peluncuran SILACI tersebut diawali dengan penayangan video rilis resmi Kepala Lapas Kelas IIB Ciamis tentang Aplikasi SILACI.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Surat Pencatatan Ciptaan (sertifikat perlindungan hak cipta yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM) dari Kasubbag Tata Usaha Sani Siti Aisyah sebagai penggagas pembuatan Aplikasi SILACI, kepada Kepala Lapas Kelas IIB Ciamis.

Dalam Surat Pencatatan Ciptaan tersebut, tercantum bahwa Pemegang Hak Cipta Aplikasi SILACI adalah Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Ciamis dan jangka waktu perlindungan hak cipta berlaku selama 50 (lima puluh) tahun sejak ciptaan tersebut diumumkan.

Acara puncak peluncuran SILACI digelar dengan penekanan tombol launching oleh Wakil Bupati Ciamis dan Ketua DPRD Kabupaten Ciamis didampingi oleh Kepala Lapas Kelas IIB Ciamis dan jajaran FORKOPIMDA Kabupaten Ciamis.

Pada acara penutup dilakukan penayangan video testimoni tentang SILACI dari beberapa tokoh, yakni: Bupati Ciamis, Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Kepala Divisi Pemasyarakatan pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat dan Kepala Divisi Administrasi pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat.

Inovasi Lapas Kelas IIB Ciamis

Aplikasi SILACI merupakan wujud inovasi Lapas Kelas IIB Ciamis yang dibangun pada era transformasi digital dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Menurut Kepala Lapas IIB Ciamis Soni Sopyan aplikasi SILACI adalah sistem informasi berbasis web dan mobile yang menyediakan fasilitas penting berupa layanan yang berada di Lapas Kelas IIB Ciamis.

Berita Terkait  Dishub DKI: Ganjil-Genap Tergantung Kondisi Lalu Lintas

“Aplikasi SILACI bertujuan untuk mempermudah pelayanan publik berbasis digital serta mewujudkan pemerintahan yang berbasis e-government dan menjadi aplikasi layanan terpadu satu pintu di Lapas Kelas IIB Ciamis,” ujarnya dilansir dari jabarprov.go.id.

“Melalui SILACI, pengguna dapat mudah mengakses layanan yang ada di Lapas Kelas IIB Ciamis kapan dan di mana saja berada,” imbuhnya.

Kasubbag Tata Usaha Sani Siti Aisyah mengatakan terdapat dua jenis tampilan Aplikasi SILACI, yakni tampilan untuk masyarakat dan tampilan untuk pegawai.

Sebagai penggagas pembuatan SILACI, Sani Siti Aisyah menjelaskan manfaat dan kelebihan SILACI antara lain: pertama, pegawai dan masyarakat dapat melihat informasi mengenai layanan lengkap Lapas Ciamis. Kedua, masyarakat dapat melakukan pendaftaran kunjungan secara online tanpa harus mengantri di Lapas Ciamis. Ketiga, masyarakat dapat melihat kegiatan pembinaan Lapas Ciamis.

Selain itu masyarakat dapat membeli produk hasil karya Warga Binaan Lapas Ciamis serta dapat membuat jadwal bertamu dinas ke Lapas Ciamis. Sementara untuk pegawai dapat melihat slip gaji dan tunkir.

Manfaat lainnya, lanjut Sani, pegawai dan masyarakat dapat mengirimkan pengaduan layanan yang diberikan Lapas Ciamis.

Penggunaan SILACI ini tidak dipungut biaya alias gratis. Untuk mendapatkan berbagai kemudahan layanan di Lapas Ciamis, masyarakat diminta untuk segera meng-install aplikasi SILACI di Playstore.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *