POLITIK

Ganjar Pranowo Maknai Bela Negara dengan Berantas Korupsi dan Tegakkan Hukum

782
×

Ganjar Pranowo Maknai Bela Negara dengan Berantas Korupsi dan Tegakkan Hukum

Sebarkan artikel ini
Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD

INDONESIA UPDATE – Calon presiden Ganjar Pranowo mengatakan bahwa untuk melakukan sebuah bela negara bisa dimulai melalui hal-hal kecil seperti menghindari dan memberantas korupsi.

Hal tersebut, kata Ganjar Pranowo, tentu akan mempermudah langkah penting untuk menjaga dan memperkuat keamanan, stabilitas, dan kemajuan negara.

Melalui penerapan Monitoring Center for Prevention (MCP), Ganjar Pranowo berhasil mengeliminasi gratifikasi, korupsi, dan pungutan liar (pungli) secara menyeluruh di wilayah Jawa Tengah.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperkenalkan MCP sebagai sebuah sistem yang terdiri dari 38 unsur untuk mengawasi dan mencegah korupsi.

MCP yang diinisiasi oleh Ganjar telah diakui oleh KPK, seperti yang diungkapkan oleh Moch Susilo, Kepala Inspektorat Kabupaten Grobogan. Dengan mengutamakan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berlandaskan integritas, Jawa Tengah berhasil mencapai skor 94,5 pada Indeks Pencegahan Korupsi tahun 2021.

“Semangat bela negara itu bisa dimaknai dengan menjaga keutuhan dan ketertiban Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ini salah satu kewajiban sebagai warga negara. Mahasiswa sebagai generasi bangsa jangan mudah diprovokasi untuk kepentingan kelompok tertentu,” kata Ganjar.

Selain itu Bela Negara dalam penegakan hukum juga merupakan konsep di mana warga negara turut serta dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara dengan berperan aktif dalam mendukung penegakan hukum.

Ini termasuk mendukung sistem peradilan, menghormati hukum, dan melaporkan pelanggaran hukum.

Menjalankan ketaatan dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku merupakan ekspresi dari kasih sayang terhadap tanah air dan semangat Bela Negara.

Hal ini karena dengan patuh terhadap hukum, kita dapat menciptakan suasana aman dan harmoni di lingkungan, serta mewujudkan prinsip keadilan di dalam masyarakat.

Hal tersebut disampaikan dalam bulan September 2017, sebuah kuliah umum mengenai Bela Negara disampaikan kepada 2.445 mahasiswa baru Universitas Muhamadiyah Semarang (Unimus).

Berita Terkait  Pemerintah Siapkan Alternatif Kebijakan Pemberantasan dan Penanganan Narkoba

Acara tersebut diadakan di area Parkir Timur Kampus I Unimus sebagai bagian dari serangkaian kegiatan orientasi untuk mahasiswa baru dalam tahun akademik 2017-2018.

Bela Negara

Bela Negara merupakan sebuah konsep yang memiliki peran yang sangat signifikan dalam kehidupan berkomunitas, berbangsa, dan bernegara.

Istilah Bela Negara merangkum makna bahwa setiap warga negara memiliki tanggung jawab untuk menjaga, mempertahankan, dan berbakti kepada negara.

Ide ini tidak terbatas pada bidang pertahanan dan keamanan saja, melainkan juga mencakup keterlibatan aktif individu dalam berbagai aspek kehidupan.

Konsep “Bela Negara” mencakup nilai-nilai kebangsaan dan identitas nasional, serta mengandung pemahaman tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga negara yang bertanggung jawab.

Melalui konsep Bela Negara, diharapkan bahwa setiap individu dapat mempertahankan kesatuan, harkat, dan keamanan negara.

Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang Bela Negara, diharapkan setiap individu dapat melaksanakan peran dan kewajibannya dengan lebih efisien dalam menjaga integritas dan kemajuan negara.

Signifikansi dari partisipasi dalam aktivitas Bela Negara untuk menjaga keamanan negara tidak hanya berfokus pada tindakan fisik dalam menghadapi ancaman dari luar negeri, melainkan juga mencakup etika dan perilaku yang menunjukkan tanggung jawab warga negara dalam menjaga serta memelihara stabilitas dan keselamatan negara.

Keterlibatan yang aktif dan kesadaran yang dimiliki oleh seluruh penduduk sangat penting dalam konteks Bela Negara, dengan maksud memberikan pelayanan kepada negara serta bersedia mengorbankan diri demi perlindungan negara.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

senang303
sukses303
horus303
sboku99
spesial4d
amarta99
joinbet99