Kemenag Ajak Seluruh Pegiat Zakat Bantu Bencana NTT

  • Bagikan

INDONESIAUPDATE.ID – Banjir bandang dan longsor terjadi di sejumlah daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu (4/4). Bencana ini menyebabkan banyak korban jiwa dan ratusan warga lainnya mengungsi.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Tarmizi Tohor pun mengajak seluruh pegiat zakat untuk segera menyalurkan bantuan dana zakat kepada korban bencana.

“Kemenag yang memiliki peran sebagai pembina bagi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) mengajak secara sinergis dan kolaboratif untuk terjun langsung dalam membantu sesama,” katanya Senin (5/4).

Direktur mengatakan dalam UU No 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat pasal 3 dikatakan bahwa manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.

“Orang yang terkena bencana tidak bisa disebut sejahtera. Oleh karena itu penyintas bencana wajib menerima manfaat zakat,” jelasnya.

Direktur berharap zakat, infaq, dan sedekah dapat menjadi solusi atas persoalan yang dihadapi masyarakat terdampak.

“Pendistribusian zakat pada bidang kemanusiaan dapat diberikan dalam bentuk penanganan korban bencana alam, korban kecelakaan, korban penganiayaan, dan korban tragedi kemanusiaan lainnya,” urainya.

Lebih lanjut, Direktur juga menyampaikan rasa duka citanya terhadap para korban meninggal dunia dalam musibah ini.

“Saya memahami kesedihan yang dialami saudara-saudara kita akibat dampak yang ditimbulkan akibat bencana ini,” ucapnya.

Berita Terkait  Kemenag Luncurkan Kartu Nikah Digital
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *