Cpns 2021 Dibuka, Daftar di Website sscasn.bkn.go.id

  • Bagikan
Ilustrasi CPNS
INDONESIAUPDATE.ID – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 akan dibuka pada 31 Mei mendatang. Tahun ini jumlah kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) tercatat sebanyak 1.275.387 orang. Dengan rincian 83.669 formasi untuk pemerintah pusat, sedangkan instansi pemerintah daerah sebanyak 1.191.718 formasi.
Proses pendaftaran akan dilakukan melalui portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN). Namun tak jarang pelamar mengalami website error saat terjadi lonjakan trafik.
Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda segera mendaftar pada awal-awal pembukaan situs. Selain itu Anda juga disarankan untuk menggunakan komputer atau laptop agar dapat melihat setiap kolom pendaftaran dengan jelas.
Nah, agar dapat mempersiapkan diri, simak cara daftar CPNS 2021 berikut ini:

Dokumen yang Harus Dipersiapkan

Sambil menunggu dibukanya pendaftaran CPNS 2021, sebaiknya Anda menyiapkan sejumlah dokumen penting mulai sekarang. Melansir cpns.kemenkumham.go.id, dokumen yang dibutuhkan yaitu:
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Pas Foto
  • Ijazah Asli
  • Transkrip Nilai Asli
  • Surat Lamaran
  • Surat Pernyataan
  • Dokumen lain sesuai ketentuan instansi yang akan dilamar.

Cara Daftar CPNS 2021 di Website sscasn.bkn.go.id

Apabila semua persyaratan telah dipenuhi dan dokumen sudah lengkap, langkah selanjutnya adalah mendaftar melalui portal SSCASN di sscasn.bkn.go.id. Berikut adalah tata caranya:
  1. Membuat akun SSCN menggunakan NIK dan Nomor KK atau menggunakan NIK Kepala Keluarga.
  2. Log in menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  3. Unggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun.
  4. Setelah berhasil masuk, lengkapi data diri, pilih formasi dan jabatan yang diminati, serta unggah dokumen persyaratan yang diminta.
  5. Jika data telah lengkap, lakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan apakah data yang dimasukkan sudah benar.
  6. Cetak Kartu Pendaftaran SSCN
  7. Pendaftaran harus melalui proses verifikasi terlebih dahulu. Setelah lolos proses verifikasi, cetak Kartu Ujian.
  8. Simpan Kartu Ujian dengan baik, sebab kartu ini wajib dibawa saat tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Jadwal Penting Seleksi CPNS 2021

Pendaftaran seleksi CPNS 2021 dibuka pada 31 Mei hingga 21 Juni 2021. Seleksi administrasi dan pengumuman hasilnya dijadwalkan pada 1 Juni hingga 30 Juni 2021. Akan ada masa sanggah setelah instansi melakukan pengumuman hasil seleksi administrasi, dimulai dari tanggal 1 sampai 11 Juli 2021.
Adapun tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dijadwalkan pada bulan Juli hingga September 2021. Selanjutnya dari September hingga Oktober akan digelar tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Pengumuman akhir dijadwalkan pada November 2021. (kumparan)
Berita Terkait  Tak Ada Hujan dan Angin, Rumah Warga di Depok Ambruk
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *