Dana Otsus Tingkatkan Pendidikan di Papua

  • Bagikan

INDONESIAUPDATE.ID – Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pendidikan di Papua dan Papua Barat mengalami peningkatan. Hal itu dikatakan Direktur Institute Kalaway Muda Nanny Uswanas.

Ia mengatakan, adanya peningkatan SDM bidang pendidikan tak lain karena dampak dari dana otonomi khusus (Otsus) yang diberikan Pemerinta Pusat.

“Sejauh ini dampak Otsus terhadap Tanah Papua di sektor pendidikan sudah banyak teman -teman Papua menjadi sarjana, dan lainya, mereka dapat beasiswa dari Otsus Pemerintah Pusat,” kata Nanny Uswanas, saat diskusi Wibinar Manfaat Otsus Bagi Pendidikan dan Pengembangan Pemuda Papua, Jumat (6/11/2020).

Bahkan kata dia, teman -teman Papua sudah banyak yang keluar dari zona nyaman karena perkembangan zaman yang tidak terpaku menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Mereka juga banyak yang menjadi wirausaha, enterpreneur, dan lainya.

“Teman-teman sudah banyak keluar dari zona nyaman. Mereka sudah banyak yang menjadi seperti enterpenuer, Komika, Youtuber, dan lainya. Ini dampak kebijakan dari Otsus yang sudah terlihat,” kata dia.

Belum lagi kata dia, sudah banyak anak asli Papua yang memiliki talenta yang baik. Jadi, pendidikan di Papua sudah berkembang dan mengubah mindsed kaum muda anak Papua.

“Jadi sudah banyak dampak pendidikan dan mengubah midset kaum muda anak Papua,” katanya.

Sementara itu, Tokoh Pemuda Papua Ali Kabiay menilai dana Otsus dari Pemerintah Pusat untuk Papua selama ini berhasil. Jadi Otsus selama ini berjalan baik dan membangun SDM Papua di bidang pendidikan.

“Otsus Papua tidak gagal,” ucap Ali.

Meski begitu, Ali mengatakan dana Otsus harus disalurkan dengan baik dan tepat sasaran bagi generasi penerus anak – anak Papua.

Sebab, Otsus ini dikelola oleh Pemerintah Provinsi Papua. Sebab itu untuk dana Otsus ini dimanfaatkan dengan baik harus ada evaluasi.

Berita Terkait  Usianya 106 Tahun, Sesepuh Krukut Ini Doakan Pradi Jadi 'D1'

“Harus ada evaluasi, kenapa? supaya mengetahui kelemahan dan kelebihan di bidang pendidikan khususnya.Jadi, jangan salahkan pemerintah pusat dengan dana otonomi khususnya,” papar Ali.

Ali juga menilai faktor keamanan daerah penting juga untuk membangun pendidikan dan SDM berkualitas di Papua. (Wan/WD)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *