16 Juta Dosis Bibit Vaksin Tiba Di Tanah Air

  • Bagikan

INDONESIAUPDATE.ID – Pemerintah Indonesia kembali kedatangan 16 juta dosis bibit vaksin Sinovac hari ini, Kamis (25/3/2021). Wakil Menteri Kesehatan Dante S Harbuwono menjemput langsung vaksin tersebut di Bandara Soetta, Tangerang, Kamis siang ini.

Dia menjelaskan, hari ini, pemerintah Indonesia berhasil mendatangkan vaksin Covid-19 tahap 7 dari keseluruhan tahap. Vaksin tersebut, kata dia masih berbentuk bahan setengah jadi.

“Hari ini kami berhasil mendatangkan vaksin Covid-19 tahap 7 dari keseluruhan tahap, sebesar 16 juta dosis dalam bentuk bulk,” katanya.

Kehadiran bibir vaksin tersebut menambah ketersediaan vaksin dalam negeri. Secara kumulatif, kata dia, jumlah vaksin yang ada di Indonesia saat ini telah mencapai 53.5 juta dosis. Vaksin tersebut diangkut menggunakan pesawat Garuda langsung dari Tiongkok.

“Vaksin ini akan dibawa ke Biofarma untuk diproduksi. Tentu saja nanti akan di evaluasi baik secara mutu oleh BPOM sebelum nanti akan jadi vaksin yang siap pakai,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, ketersediaan vaksin menjadi sangat vital. Terutama dalam menjaga program vaksinasi yang dijalankan pemerintah. Hingga saat ini, kata dia, pihaknya mengatur kecepatan berdasarkan atas ketersediaan vaksin.

“Dengan adanya suplay tambahan vaksin yang baru pada hari ini maka tentu kecepatan vaksinasi perhari akan terus kita tingkatkan hingga mencapai 181.05 juta jiwa sebagai target untuk herd imunity dalam waktu yang secepat-cepatnya,” katanya.

Km jg ucapkan trmksh pd TNI dan Polri yg trs mengawal proses mulai dr kedatangan SMP transportasi ke biofarma SMP distribusi ke semua wilayah Indonesia.

Wamenkes: 6 Juta Orang Di Indonesia Telah Divaksin

Wakil Menteri Kesehatan Dante S Harbuwono mengungkapkan, hingga saat ini tercatat sudah ada 6 juta orang Indonesia telah di vaksin. Bahkan, tiga juta diantaranya tekah divaksin untuk dosis kedua. Dia juga mengonfirmasi bahwa telah terjadi penurunan kasus Covid-19 di seluruh Indonesia.

Berita Terkait  Terdengar Suara Dentuman di Wilayah Jakarta, Tanda Apa Ini?

Pernyataan itu dia sampaikan saat menjemput bibit vaksin Sinovac di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis siang (25/3/2021). Dia mengatakan, pemerintah terus berupaya mempercepat program vaksinasi di seluruh Indonesia.

“Hingga saat ini sudah 6 juta orang divaksinasi. 3 juta diantaranya sudah dosis kedua. Jadi kita sudah melakukan 9 juta suntikan untuk gerakan vaksinasi hingga hari ini,” ungkapnya.

Dia menambahkan, mereka juga telah melakukan evaluasi terhadap perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia. Dia menjelaskan, hingga saat ini, seluruh tenaga kesehatan (Nakes) di Indonesia tuntas di vaksin.

“Sejak dilakukan evaluasi dan sejumlah data yg menggembirakan jumlah Nakes sudah 100 persen. Penurunan angka yang terpapar Covid-19 sudah menurun.

Terjadi penurunan kasus aktif Covid-19 di semua daerah di Indonesia dan penurunan BOR (bed ocupancy rate) di seluruh RS vertikal yang kami evaluasi,” ungkapnya.

Dia menyebutkan bahwa penurunan kasus Covid-19 itu membuktikan bahwa program vaksinasi telah menunjukan keberhasilannya. Artinya, kata dia, vaksin yang disuntik kepada masyarakat terbukti memberi efek posisi lebih besar daripada negatif.

“Ini membuktikan vaksin memperoleh manfaat yang besar dan mengurangi resiko terjadinya keparahan akibat Covid-19,” ungkapnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *